Beranda Kesehatan Hindari Kenaikan Kolesterol dengan 5 Jenis Minyak Ini

Hindari Kenaikan Kolesterol dengan 5 Jenis Minyak Ini

JAKARTA,PUBLIKBICARA.COM — Memperhatikan kadar kolesterol darah memang penting dilakukan. Sebab, ada banyak risiko kesehatan buruk yang terjadi karena kolesterol tinggi.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah minyak untuk memasak. Maklum saja, minyak jadi salah satu bahan makanan yang kerap dituding sebagai penyebab kolesterol tinggi.

Lantas, apakah ada minyak yang baik untuk penderita kolesterol tinggi?

Tidak semua minyak buruk untuk kesehatan. Lagi pula, tubuh tetap membutuhkan kandungan lemak yang ada pada minyak, namun dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Minyak dibutuhkan untuk memasak, entah itu membuat tumisan atau menggoreng. Namun, Anda mungkin takut karena minyak disebut-sebut sebagai biang kerok kenaikan kadar kolesterol.

Untuk menghindari kenaikan kadar kolesterol, Anda bisa menggunakan beberapa pilihan minyak di bawah ini.

  1. Minyak zaitun
    Minyak zaitun jadi salah satu pilihan minyak yang baik untuk penderita kolesterol tinggi. Setiap satu sendok minyak zaitun hanya mengandung 119 kalori dan 14 gram lemak.

Mengutip Everyday Health, sebagian besar lemak yang terkandung dalam minyak zaitun juga merupakan jenis lemak tak jenuh. Minyak ini bahkan tak mengandung kolesterol.

Baca Juga :  Epy Kusnandar Beri Jawabam Ketus: Dari Pemeriksaan Kesehatan Hingga Interogasi Tegas di Polres Metro Jakarta Barat

Oleh karena itu, minyak ini jadi pilihan yang sehat untuk jantung.

  1. Minyak jagung
    Ilustrasi. Minyak jagung, salah satu minyak yang baik untuk penderita kolesterol. (margenauer/Pixabay)
    Minyak jagung berasal dari biji jagung. Setiap 1 sdm minyak jagung mengandung 122 kalori dan 14 gram lemak.

Tak beda dengan minyak zaitun, lemak pada minyak jagung juga sebagian besar merupakan lemak tak jenuh. Minyak jagung juga tidak mengandung kolesterol.

  1. Minyak alpukat
    Minyak alpukat berasal dari buah alpukat. Minyak ini mengandung 124 kalori dan 14 gram lemak per 1 sdm. Lemak dalam minyak alpukat sebagian besar merupakan lemak tidak jenuh, menjadikannya pilihan yang menyehatkan untuk jantung.

Selain itu, minyak alpukat juga bebas kolesterol. Anda bisa menggunakan minyak ini dengan aman meski menggunakan api besar.

  1. Minyak kacang
    Mengutip berbagai sumber, minyak kacang memiliki aroma yang enak. Kandungan vitamin E dan fitosterol dalam minyak kacang juga cukup tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan jantung.
Baca Juga :  Optimalisasi Kementerian: Prabowo Disarankan Ambil Langkah Progresif Menuju Efisiensi Birokrasi

Minyak kacang murni memiliki umur simpan yang lama dan salah satu titik asap tertinggi, yang membuatnya menjadi favorit untuk membuat tumisan.

Dalam setiap 1 sdm minyak kacang umumnya mengandung 119 kalori dan 14 gram lemak.

  1. Minyak kenari
    Minyak kenari kaya akan rasa cocok dan cocok dijadikan sebagai dressing salad atau bumbu perendam.

Minyak ini adalah sumber asam ellagic yang kaya antioksidan. Artinya, minyak ini cocok untuk mendetoksifikasi zat yang terkait dengan kanker.

Minyak kenari juga mengandung mangan, tembaga, dan melatonin. Minyak ini juga tinggi asam alfa-linolenat (ALA), asam lemak omega-3 dengan manfaat pelindung jantung. Dalam 1 sdm minyak kenari umumnya mengandung 130 kalori dan 14 gram lemak.

Namun, karena titik asapnya yang rendah, minyak kenari tidak baik untuk memasak.

Itulah 5 jenis minyak yang baik untuk penderita kolesterol. Meski demikian, Anda tetap perlu mengontrol asupan makanan yang mengandung minyak berlebih.

Sumber : Detik

Artikulli paraprak7 Minuman Yang Dipercaya Ampuh Meredakan Asam Lambung
Artikulli tjetërBuntut Beda Prediksi Badai Dahsyat, DPR Bakal Panggil Dua Lembaga yang Bertanggung-jawab