Beranda News Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat

Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat

JAKARTA,PUBLIKBICARA.COM – Keutamaan membaca surat Al-Kahfi bisa didapatkan ketika membaca surat ini di malam Jumat ataupun hari Jumat. Apalagi hari Jumat adalah waktu yang tepat untuk melakukan berbagai amalan, karena Allah SWT melipatgandakan pahala.

Hari Jumat adalah hari raya bagi umat muslim. Momen ini bisa dimanfaatkan dengan berbagai amalan yang bernilai pahala berlimpah seperti sedekah, sholat Jumat bagi laki-laki, waktu berdoa yang mustajab dan juga bisa mendapatkan keutamaan dari membaca surat Al-Kahfi.

Dalam Al-Qur’an, surat Al-Kahfi merupakan surat ke-68. Surat ini terdiri dari 110 ayat. Menurut mayoritas ulama, semua ayat surat ini turun sekaligus sebelum nabi Muhammad SAW berhijrah ke Madinah.

Menurut Abu Anas Hilmy bin Muhammad bin Ismail ar-Rasyidi dalam bukunya yang berjudul Memburu Pahala di Hari Jum’at, ada banyak keutamaan yang bisa didapatkan seorang muslim jika ia membaca surat Al-Kahfi.

Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di hari Jumat
Berikut beberapa hadits Rasulullah SAW yang menegaskan keutamaan dari membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat.

1.Disinari cahaya di hari kiamat
Dari Abu Said Al-Khudry ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda:
“Barangsiapa membaca surah Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka terpancarlah baginya cahaya dari bawah telapak kakinya sampai ke penjuru langit, yang meneranginya pada hari Kiamat, dan dia dị ampuni di antara dua Jum’at.”

Baca Juga :  Anis Bersiap Maju Pilgub Jakarta: Tekrait Pasangan Dengan Kaesang, Ini Jawaban Anies

Dalam riwayat lain disebutkan,
“Barangsiapa yang membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, maka ia akan diterangi oleh cahaya antara ia dan Baitul Atiq (Ka’bah).” Hadits ini shahih dan diriwayatkan oleh Hakim dan al-Baihaqi.

2.Dilindungi dari fitnah Dajjal
Melansir laman resmi Majelis Ulama Indonesia (12/1/2023), Rasulullah SAW juga mengatakan bahwa membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat akan melindungi dari fitnah Dajjal. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW:

Dari Abu Darda, Rasulullah SAW bersabda:

من قرأ العشر الأواخر من سورة الكهف عُصم من فتنة الدجال

Artinya: “Barangsiapa membaca sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal.” (HR Ibnu Hibban).

Selain itu, di dalam kitab Al-Mukhtarah karya Al-Hafiz Ad-Diyaul Maqdisi disebutkan dari Abdullah ibnu Mus’ab, dari Manzur ibnu Zaid ibnu Khalid Al-Juhani, dari Ali ibnul Husain, dari ayahnya, dari Ali secara marfu’, yaitu:

” مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، فَهُوَ مَعْصُومٌ إِلَى ثَمَانِيَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ فِتْنَةٍ، وَإِنْ خَرَجَ الدَّجَّالُ عُصِمَ مِنْهُ ”
Artinya: “Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka ia dipelihara selama delapan hari dari segala fitnah dan jika Dajjal keluar, maka ia dipelihara dari fitnahnya.

Baca Juga :  Bos Rental Mobil Tewas Jadi Korban Main Hakim Sendiri, Dua Orang Ditetapkan Jadi Tersangka

3.Pengingat hari kiamat
Bacaan surat Al-Kahfi juga memberi syafaat bagi umat muslim yang membacanya. Salah satunya yakni sebagai ungkapan rasa bersyukur sekaligus pengingat datangnya hari kiamat.

Dalam surat Al-Kahfi ayat 47 dijelaskan dahsyatnya peristiwa kiamat yang akan dialami umat manusia dan seluruh makhluk hidup lainnya.

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْاَرْضَ بَارِزَةًۙ وَّحَشَرْنٰهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ اَحَدًاۚ

Arab latin: Wa yauma nusayyirul-jibāla wa taral-arḍa bārizataw wa ḥasyarnāhum fa lam nugādir min-hum aḥadā

Artinya: “Dan (ingatlah) pada hari (ketika) Kami perjalankan gunung-gunung dan engkau akan melihat bumi itu rata dan Kami kumpulkan mereka (seluruh manusia), dan tidak Kami tinggalkan seorang pun dari mereka.”

Demikian keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat. Semoga kita termasuk umat Islam yang dapat mengamalkannya.

Sumber : Detik

Artikulli paraprakSuzuki Resmi Luncurkan Jimny 5 Pintu
Artikulli tjetërFakta Seputar Chikbul Yang Bikin Lambung Bocor