Beranda Nasional Anies Baswedan : Warga Boleh Bangun Rumah 4 Lantai di Jakarta

Anies Baswedan : Warga Boleh Bangun Rumah 4 Lantai di Jakarta

BOGOR, PUBLIKBICARA.COM ‐‐
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan saat ini warga dapat membangun rumah tempat tinggal hingga 4 lantai.

Kebijakan itu telah dituangkan dalam Peraturan Gubernur Nomor 31 Tahun 2022 tentang Rencana Detail Tata Ruang Wilayah Perencanaan DKI Jakarta.

“Rumah warga kita ini selama ini hanya boleh 1 lantai, 2 lantai. Sekarang untuk rumah tinggal akan dibolehkan sampai dengan 4 lantai di rumah-rumah tangga kita di Jakarta,” kata Anies saat Sosialisasi Pergub 31/2022 di Balai Kota Jakarta, Rabu (21/9).

Menurut Anies kebijakan ini diterapkan untuk optimalisasi lahan. Selain itu, Anies menyatakan hal ini juga untuk mendorong multi-family ownership dalam sebuah bangunan.

Baca Juga :  MU U-18 Sukses Taklukkan Manchester City, Kuasai Puncak Premier League Cup U-18

Ia menceritakan selama ini banyak keluarga memiliki dua hingga tiga anak tinggal di sebuah rumah dengan lahan sekitar 100 meter. Ketika anaknya beranjak dewasa, ujung-ujungnya rumah tersebut dijual.

“Sekarang dia bisa nambahin ke atas, dia bisa sama-sama tinggal sama-sama dengan keluarganya. Kakek neneknya di bawah, anaknya dua di lantai 2, lantai 3, ruang bersama,” ujar Anies.

Namun, ada syarat-syarat dan ketentuan lebih lanjut jika warga ingin membangun rumah tempat tinggal 3 lantai. Salah satunya soal rumah hijau hingga sumur resapan, sehingga tidak merusak lingkungan hidup.

Baca Juga :  Ini Lokh Wasit Kontroversial di Balik Duel Persija vs Persib Bandung dan Drama Asian Games 2018 : Wasit Shaun Evan

“Ini akan punya dampak yang cukup besar, jadi nantinya Kota Jakarta tidak flat, tapi kotanya bisa meningkat, lebih tinggi penduduknya, punya nilai lahan yang lebih tinggi,” jelas Anies.

“Sama-sama lahan 100 meter, 150 meter, bisa bangun 3 lantai, 4 lantai. sebut lah bangunannya 60 meter, 60 x 4, dia bisa bangun 240 meter. ini salah satu contoh,” sambungnya.

Sumber : CNN Indonesia

Artikulli paraprakTimnas Indonesia U-20 Incar Tim Yang Lolos ke Piala Dunia U-20 2023
Artikulli tjetërRatusan Ojol Gelar Unjuk Rasa Tuntut Kebijakan Penyesuaian Tarif