Beranda Daerah Desa Cihideung Udik Lakukan Pengaspalan Gunakan Dana Desa Tahun Anggaran 2022

Desa Cihideung Udik Lakukan Pengaspalan Gunakan Dana Desa Tahun Anggaran 2022

Bogor, Publikbicara.com – Dorong peningkatan infrastruktur Desa, Jalan Lingkungan (Jaling) di empat RT yang ada di Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea di aspal.

Kepala Desa Cihideung Udik (Cihud) H. Denny mengatakan dampak Covid 19, sangat berpengaruh ke peningkatan Infrastruktur Desa. Banyak anggaran yang di fokuskan ke penangan Covid 19, dampaknya peningkatan infrastruktur di wilayah jadi tertunda.

Sesuai dengan peruntukannya,
anggaran DD tahap pertama di tahun 2022, Pemdes Cihideung Udik merealisasikan ke BLT DD, Program Ketahanan Pangan salah satunya sektor perikanan dan pengaspalan Jaling di Kampung Cihideung Girang, Rw 09.

Baca Juga :  Begitu Cepat Berpindah Tangan: Kisah Ironis di Balik Jalan Tol Megah Jawa Barat

“Dengan mengunakan DD, Jaling di empat Rt yang ada di Rw 9, kita aspal sepanjang 1.800 meter. Jika Jaling mulus mobilisasi warga terbantu dan berdampak ke peningkatan ekonomi warga, ujarnya.

Sementara itu, Pendamping Desa (PD) Kecamatan Ciampea, Sopian Sauri mengungkapkan dari 13 Desa di Kecamatan Ciampea ada empat yang sudah mencairkan DD. Diantaranya, Desa Cibanteng, Cinangka, Bojong Jengkol dan Cibuntu.

Sesuai dengan peruntukannya DD digunakan untuk PPKM delapan persen, ketahanan pangan 20 persen, BLT 40 persen dan sisanya infrastruktur .

Baca Juga :  Kekalahan Pahit Timnas Putri Indonesia U-17 di Piala Asia Wanita U-17

“Ketika DD sudah cair, tentunya Pemdes wajib segera merealisasikan dan tigas kita melakukan monitoring kegiatan yang dikerjakan Desa. Salah satunya, mengecek pembangunan Infrastruktur yang di biaya DD, ” ujar pria yang biasa di sapa Viong.

Viong mengungkapkan dampak COVID-19 sangat terasa dan merubah siklus perencanaan pembangunan di Desa. Banyak usulan pembangunan infrastruktur di Desa yang tertunda dan Pemdes belum bisa memaksimalkan kebutuhan infrastruktur di wilayahnya

“Kita berharap Covid 19 bisa berakhir dan Desa bisa kembali meningkatkan pembangunan infrastruktur di wilayah, ” tukasnya. (ads)

Artikulli paraprakMelalui Kajian dan Diskusi Kebangsaan, Pemuda Diharapkan Berkontribusi Bangun Wilayah
Artikulli tjetërKabar Duka, Anggota Komisi VI DPR Fraksi Golkar Ichsan Firdaus Meninggal Dunia