Beranda Kesehatan Apa Saja Fungsi Tulang Pergelangan Tangan? Ini 3 Fungsinya

Apa Saja Fungsi Tulang Pergelangan Tangan? Ini 3 Fungsinya

Suara.com – Pergelangan tangan kita terdiri dari delapan tulang kecil yang disebut tulang karpal, atau karpus. Fungsi tulang pergelangan tangan ini juga berkaitan dengan tangan dan dua tulang panjang di bagian lengan.

Pergelangan tangan memiliki tiga sendi utama. Ini membuat pergelangan tangan lebih stabil daripada jika hanya memiliki satu sendi. Ini juga memberi pergelangan tangan dan tangan Anda berbagai gerakan. Sendi pergelangan tangan memungkinkan pergelangan tangan Anda menggerakkan tangan ke atas dan ke bawah, seperti saat Anda mengangkat tangan untuk melambai.

Sendi ini memungkinkan Anda untuk menekuk pergelangan tangan Anda ke depan dan ke belakang, dari sisi ke sisi, dan untuk memutar tangan. Selain itu, ada sejumlah fungsi tulang pergelangan tangan yang penting untuk diketahui. Melansir dari Healthline berikut fungsi tulang pergelangan tangan.

  1. Menggerakkan pergelangan tangan
Baca Juga :  Tragedi di Jalan Raya Ciater: Bus Pelajar Dari Depok Terguling Membawa Duka dan Kekhawatiran

Dengan adanya pergelangan tangan maka Anda bisa secara leluasa menggerakkan tangan memutar, ke depan, ke belakang. Dengan adanya pergelangan tangan ini membuat proses pergerakan tersebut menjadi lebih lentur.

  1. Menghubungkan tulang lengan bawah dan tulang jari 

Tulang karpal terletak di pergelangan tangan atau tepatnya di antara tulang lengan bawah yakni tulang ulna dan radius, serta tulang dari jari tangan. Bagian tulang ini berfungsi sebagai penghubung antara tulang lengan bawah dan tulang jari tangan.

  1. Melekatkan jaringan halus di pergelangan tangan
Baca Juga :  Skuad Karate PPOPM Kabupaten Bogor Siap Bertarung di Kejurnas 2024

Sejumlah jaringan harus seperti tendon, ligamen, dan otot melekat pada tulang-tulang karpal dan menyatu pada persendian pergelangan tangan sehingga membantu pergerakkan tangan menjadi fleksibel.

Itulah beberapa fungsi tulang pergelangan tangan dan penjelasannya. Apakah kalian sudah mengerti? Kontributor : Lolita Valda Claudia

Sumber : Suara.com

Artikulli paraprakAneh! Jaring Laba- laba Ini Berwarna Merah Di Tengah Hutan, Apakah Ini Laba- laba Mutan?
Artikulli tjetërAda Banyak Fungsi Dan Bagian- bagian Mahkota Bunga