Beranda Daerah Dua Rumah Yang Ambruk di Desa Batutulis Direspon BPBD Kabupaten Bogor

Dua Rumah Yang Ambruk di Desa Batutulis Direspon BPBD Kabupaten Bogor

Nanggung,- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor langsung merespon dua rumah milik Lilis (25) warga Kampung Pasirgintung RT.03 RW.04, serta rumah Emur (60) warga Panjaungan RT.04 RW.05 di wilayah Desa Batutulis, Kecamatan Nanggung, yang roboh akibat hujan deras disertai angin kencang.

Bagian asesmen BPBD Haerudin menyatakan, pihaknya diminta bagian Kedaruratan dan logistik (Ratik) untuk melakukan pendataan 2 rumah yang terkena dampak bencana alam yang terjadi pada Senin (22/6) malam.

“Memang kedua rumah kondisinya tidak layak huni dan sangat mengkhawatirkan,” terang Haerudin kepada wartawan, Rabu (24/6).

Lanjut Haerudin menerangkan, upayanya ini merupakan tindak lanjut tanggap darurat yang kemudian untuk dilaporkan kepada pimpinan.

Baca Juga :  Forkopimda Kabupaten Bogor Gelar Upacara Hardiknas di Kecamatan Sukajaya, Ada Apa?

”Ikhwal rumah korban atas nama Emur sebelumnya sudah masuk laporan BPBD pada waktu musibah bencana awal pada 1 Januari lalu, namun keadaannya sekarang rumah korban tersebut kondisinya lebih parah,” paparnya.

Menurutnya, termasuk rumah yang terkena dampak bencana alam Januari di Kampung Cipetir RT.01, RW.06, 1 rumah ambruk tergerus longsor hingga 8 rumah kondisinya terancam.

”Sebanyak 11 rumah yang harus dilakukan penanganan ditambah akses jalan Situs Batutulis yang sampai hari ini masih terputus,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, orang tua Lilis, Omah mengaku kaget pada saat kejadian melihat kondisi rumah anaknya porakporanda rata dengan tanah. Janda 4 anak berusia 50 tahun ini tidak bisa berbuat banyak karena keterbatasan. Omah menjelaskan, 5 bulan terakhir ini, rumah anaknya sudah tidak ditempatinya, karena khawatir sewaktu waktu terjadi ambruk dan mengancam keselamatan anaknya.

Baca Juga :  DPD Partai Golkar Kabupaten Bogor Memulai Safari Politik dengan Semangat Baru : PKB Jadi Partai Pertama yang Disambangi

Di tempat yang sama, Ketua LPM Desa Batutulis Erwin Jamaludin mengatakan, ambruknya rumah itu ditengarai lantaran intensitas hujan yang lebat. Sementara Anggota DPRD Kabupaten Bogor dari Fraksi Demokrat Ruhiyat Sujana berjanji akan mendorong ke pihak BPBD agar kedua bangunan rumah yang ambruk itu bisa dibangun.

(Fahri/Arif)

Artikulli paraprakBPJS Kesehatan Gandeng YLKI, Fokus Tangani Aduan Peserta JKN-KIS
Artikulli tjetërPolisi Tidak Izinkan Rhoma Irama Gelar Konser di Acara Sunatan di Bogor