Beranda Daerah Hujan Deras Terjadi di wilayah Bandung Raya Sebabkan Banjir Merendam Sejumlah Pemukiman

Hujan Deras Terjadi di wilayah Bandung Raya Sebabkan Banjir Merendam Sejumlah Pemukiman

Publikbicara.com – Hujan deras yang terjadi di wilayah Bandung Raya menyebabkan banjir merendam sejumlah pemukiman di Kabupaten Bandung sejak Ahad (7/1/2024) kemarin hingga saat ini, Selasa (9/1/2024) sekitar pukul 12.00 Wib. Banjir terjadi di wilayah Kecamatan Bojongsoang, Kecamatan Dayeuhkolot, Rancaekek dan Pangalengan.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Jawa Barat Hadi Rahmat mengatakan terdapat empat kecamatan yang terdampak banjir yaitu Pangalengan, Rancaekek, Dayeuhkolot dan Bojongsoang. Total sebanyak 116 rumah terendam banjir dengan 74 kepala keluarga (KK).
“Empat kecamatan yang terdampak, total informasi terakhir kalau data saat ini terdampak 116 rumah di empat kecamatan. 74 KK,” ucap dia saat dikonfirmasi, Selasa (9/1/2024).

Baca Juga :  Menilik Usia Minimal bagi Calon Peserta Didik Baru di Tingkat SD: Rahasia Tersembunyi dari Aturan Nadiem Makarim

Hingga pukul 12.30 Wib, Selasa (9/1/2024), ia mengatakan banjir perlahan menyusut dengan ketinggian bervariasi mulai dari 10 sentimeter hingga 60 sentimeter. Hadi mengatakan banjir relatif cepat surut.

“Gak lama (banjir) biasanya surutnya cepat antara tiga sampai empat jam,” ungkap dia.

Hadi mengatakan tidak terdapat warga yang terdampak mengungsi. Namun, begitu pihaknya meminta masyarakat tetap waspada dengan kondisi hujan saat ini.

Baca Juga :  Pemekaran Kabupaten Bogor: Keinginan Mandiri yang Disangkal Sebagai Beban Keuangan Negara di Era SBY

Ia mengatakan apabila berpotensi membahayakan maka dapat segera meminta BPBD untuk dilakukan evakuasi atau tidak. Berdasarkan data yang dihimpun BPBD Jabar, di Desa Tarajusari, Kecamatan Banjaran satu unit rumah rusak sedang.

Di Desa Pangalengan 33 unit rumah terdampak dan 41 unit rumah di Desa Margamulya terendam banjir. Di Desa Tegalluar satu unit fasilitas umum terendam dan di Desa Sangiang 41 Unit rumah terendam.

 

Editor : Camel

Artikulli paraprakMasyarakat Gunakan Whoosh untuk Bepergian Jakarta-Bandung PP dalam 1 Hari, KCIC Sediakan Layanan Park and Ride yang Aman dan Nyaman
Artikulli tjetërMau Merasakan Menginap di Hotel Dengan Kamar Bagus dan Terjangkau di Kabupaten Bogor: Hotel Sans Bubulak Dapat Jadi Pilihan Anda.