Beranda Kesehatan Viral Gara -Gara Main Lato -Lato Bocah SD Alami Kebutaan,Ini Kata Kemenkes

Viral Gara -Gara Main Lato -Lato Bocah SD Alami Kebutaan,Ini Kata Kemenkes

JAKARTA,PUBLIKBICARA.COM – Baru-baru ini viral beredar pesan berantai soal kabar anak tengah bermain lato-lato, tetapi tidak sengaja mengenai bola mata. Disebut mengalami cedera parah, bocah SD tersebut konon mengalami kebutaan.

Belum ada informasi yang jelas di balik keterangan viral anak yang disebut buta akibat terkena mainan lato-lato. Baik dari lokasi kejadian hingga kronologi yang terjadi.

”Assalamualaikum teman2..mau saling mengingatkan yg pada punya anak main lato-lato diawasin yaa… ini temen ponakan SD kelas 3 main lato2 kena bola mata pecah akhirnya diangkat dan mata buta sebelah, dah makan korban yaa.. Waspadalah waspadalah,” tutur @muhadaud3.

Baca Juga :  Ikut Upacara Hardiknas di Bogor Barat: Ini Pesan Dan Harapan Ketua DPD KNPI Kabupaten Bogor Wahyudi Chaniago

Apa Kata Kemenkes?

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi menyebut kejadian ini termasuk kasus trauma. Karenanya, tidak wajib melaporkan ke Kemenkes RI.

”Ini kasus trauma, jadi bukan kejadian keracunan dan penyakit ya,” terang dr Nadia kepada detikcom
melalui pesan singkat, Senin (9/1/2022).

Meski begitu, dr Nadia mengimbau agar orangtua mengawasi anak-anak saat bermain lato-lato sehingga tidak muncul kejadian serupa.

Baca Juga :  Ribuan Mata dan Tangan Bergerak: Polda Metro Jaya Siap Amankan May Day 2024 di Jakarta

Cedera serupa juga sempat dilaporkan di Amerika Serikat. Pasalnya, anak-anak terkadang memainkan lato-lato terlalu dekat dengan wajah sehingga pecahan material berpotensi masuk dan mengenai mata, muncul risiko kebutaan.

FDA AS sempat melarang permainan ini di 1966 silam. Keputusan FDA didukung sejumlah komunitas dan organisasi untuk mencegah kebutaan (Society for the Prevention of Blindness) akibat lato-lato.

Di Mesir, mainan lato-lato juga sempat dilarang karena alasan kesehatan. Banyak yang menilai pengawasan permainan lato-lato pada anak penting dilakukan.

Sumber : Detik

Artikulli paraprakViral Seorang Dokter di Pakistan Sambut Lahiran Anak ke 60, Ingin Tambah Istri Lagi Biar Punya 100 Anak
Artikulli tjetërDi Tengah Meningkatnya Gelombang PHK, Pendapatan LinkedIn Naik 17 Persen