Beranda News Kabar Duka,Pemain Sepakbola Legendaris Terkaya di Dunia Pele Meninggal Dunia

Kabar Duka,Pemain Sepakbola Legendaris Terkaya di Dunia Pele Meninggal Dunia

JAKARTA,PUBLIKBICARA.COM – Kabar duka datang dari dunia olahraga internasional. Pemain sepakbola legendaris Edson Arantes do Nascimento alias Pele dikabarkan telah meninggal dunia. Dirinya meninggal di usia 82 tahun setelah sempat berjuang melawan kanker usus besar. Kendati telah tiada, Pele akan selalu dikenang.

Sebab dirinya merupakan pesepakbola terbaik sepanjang sejarah. Banyak rekor telah di ukirnya. Selain karirnya yang gemilang, dirinya juga diketahui sempat menjadi pemain sepak bola terkaya di dunia.

Melansir dari stylecaster, Jumat (30/12/2022), pada puncak karirnya sebagai atlet, diketahui bahwa Pele merupakan pesepakbola dengan bayaran tertinggi di dunia. Bahkan setelah ia pensiun, kekayaan bersih Pele ditaksie masih mencapai ratusan jutaan dolar.

Sebelum meninggal, Pele dikabarkan memiliki harta kekayaan mencapai US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,56 triliun (kurs Rp 15.600/dolar AS). Tentu saja sebagian besar kekayaannya ini Pele kumpulkan saat masih aktif bermain sepakbola.

Baca Juga :  Samsul Hidayat Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Terpilih Gercep Sambangi Warga Terdampak Bencana Sukajaya

Pele memulai debutnya secara profesional pada usia 15 tahun dengan Santos FC pada tahun 1956 dan mencetak gol di pertandingan pertamanya. Tahun berikutnya, dia menjadi pencetak gol terbanyak secara keseluruhan di seluruh liga profesional Brasil.

Berkat itu ia segera dipanggil untuk bermain untuk tim nasional Brasil dan pada usia 17, dia menjadi pemain termuda yang bermain serta memenangkan Piala Dunia FIFA pada tahun 1958. Mereka kemudian menang lagi pada tahun 1962 dan 1970.

Selama akhir tahun 60-an, persaingan antara merek pakaian olahraga Adidas dan Puma telah menjadi begitu sengit sehingga mereka benar-benar menandatangani perjanjian damai, kesepakatan tak terucapkan yang sekarang dikenal sebagai “Pakta Pelé”, di mana kedua perusahaan setuju untuk tidak mensponsori dia karena mereka pikir mereka akan menghabiskan begitu banyak dalam perang penawaran sehingga hasil akhirnya tidak sepadan.

Baca Juga :  Wow! Kepala Desa Akan Dapat Uang Pensiun Setelah UU Desa Nomor 3 Disahkan Presiden Jokowi

Namun saat final Piala Dunia 1970 melawan Italia, tepat sebelum peluit pembukaan, Pelé meminta wasit untuk berhenti sejenak agar bisa mengikat tali sepatunya. Semua mata tertuju pada pesepakbola terhebat sepanjang masa dan sepatunya, sepatu puma.

Dikabarkan saat itu, Pelé dibayar US$ 120.000 hanya untuk mengikat tali sepatunya dan akan diberikan US$ 100.000 selama empat tahun ke depan, ditambah potongan penjualan sepatu kets merek Pelé.

Dari sana kebayang kan detikers seberapa kayanya Pele saat ia masih berada di puncak karirnya sebagai pesepakbola dunia.

Sumber : Detik

Artikulli paraprakNikita Mirzani Akhirnya Bebas Kasus Pencemaran Nama Baik, Ini 5 Faktanya
Artikulli tjetërJokowi Resmi Menyatakan PPKM Berakhir