Beranda Kesehatan 4 Tips Untuk Meningkatkan Daya Ingat

4 Tips Untuk Meningkatkan Daya Ingat

BOGOR,PUBLIKBICARA.COM – Tugas utama seorang pelajar tentu saja adalah belajar. Pada dasarnya, semua manusia sepanjang hayatnya memang tidak bisa terlepas dari yang namanya proses belajar. Akan selalu ada hal baru yang bisa kita pelajari, tergantung dari niat dan kesiapan masing-masing individu saja.

Bagi kamu yang masih berstatus sebagai seorang pelajar, kegiatan belajar adalah salah satu hal yang mutlak dan wajib dilakukan. Beriringan dengan itu, seorang pelajar juga dituntut untuk selalu memiliki daya ingat yang kuat agar bisa menerima dan memahami materi dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan daya ingat.

1.Merangkum kembali materi pembelajaran

Tips pertama yang bisa kamu terapkan adalah dengan merangkum kembali materi pelajaran. Agar kamu bisa mengingat informasi yang sudah diterima, kamu harus terus mengulang materi tersebut akan bertahan semakin lama di otak dan pikiranmu. Coba buatlah rangkuman seluruh informasi yang kamu dapatkan dengan kata-kata atau kalimatmu sendiri.

Baca Juga :  Remaja di Bulukumba Diduga Dianiaya Polisi, Dipaksa Mengaku Sebagai Kurir Narkoba

2.Belajar dengan gambar-gambar yang membantu

Tips kedua, kamu bisa mencoba menerapkan teknik belajar visual dengan membuat gambar-gambar yang berhubungan dengan materi. Informasi yang diterima secara visual biasanya akan lebih membekas dalam pikiran, sehingga kamu jadi lebih mudah untuk mengingat dan memahaminya. Terkadang, satu gambar dapat mewakili jutaan kata.

3.Mengajarkan kembali materi yang didapatkan

Tips ketiga, kamu bisa mengajarkan kembali materi yang kamu dapatkan dengan cara menjelaskan ulang kepada teman. Kamu juga bisa membuat kelompok belajar bersama beberapa temanmu, lalu kalian bisa bergantian untuk saling menjelaskan dan mengajarkan kembali materi yang didapatkan berdasarkan pemahaman serta bahasa yang mudah dipahami.

Baca Juga :  Mengejutkan! Kevin Sanjaya Sukamuljo Pamit dari Pelatnas PBSI dan Gantung Raket

4.Review ulang materi yang telah dipelajari

Tips terakhir yang harus kamu terapkan adalah review ulang materi yang telah kamu dapatkan dan pelajari. Kunci dari meningkatkan daya ingat adalah dengan sering melakukan review atau mempelajari ulang catatan yang telah kita buat. Dengan demikian, kita jadi semakin paham dan mengerti tentang materi tersebut.

Itulah empat tips yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan daya ingat dalam belajar. Selamat mencoba!

Sumber : Yoursay.id

Artikulli paraprakPLN ULP Leuwiliang Bersihkan Jalur Distribusi ROW, Tingkatkan Keandalan Pasokan Listrik
Artikulli tjetërTips Perawatan Kulit Di Rumah Agar Awet Muda dan Glowing