Beranda Kesehatan Manfaat Buah Bawang Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Bawang Untuk Kesehatan

Publikbicara.com – semua orang pasti tahu dengan Bawang merah, yang sudah tidak asing di kalangan masyarakat di indonesia. Bawang merah umumnya digunakan untuk rempah di masakan bagian ubinya dijadikan bawang goreng. Dan daun bawang merah dibuat untuk menjadi penyedap masakan.

Kandungan vitamin dan juga nutrisinya memiliki manfaat bila dikonsumsi ketika mentah saja. Bilamana telah dimasak maka vitamin serta nutrisinya jadi berkurang atau bahkan hilang.

Beberapa manfaat dan khasiat dari
bawang merah :

1. Membantu dalam Mencegah Kanker

Kandungan dari bawang merah yaitu zat quercetin yang merupakan zat alami yang menjadikan bawang memiliki warna warna merah gelap Zat quercetin termasuk dalam zat antioksidan yang memeiliki peran penting untuk melawan dampak radikal bebas yang berbahaya di dalam tubuh. Salah satunya yaitu penumpukan radikal bebas yang menyebabkan kanker.

Antioksidan seperti halnya quercetin dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Sebuah penelitian pada hewan memperlihatkan bahwa zat quercetin pada bawang merah mentah tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker paru- paru, kanker prostat, kanker indung telur, kanker usus, dan kanker endometrial.
2. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Baca Juga :  Bab Baru Turki dan Yunani: Sering Bermusuhan, Kini Berupaya Berbaikan

Zat quercetin yang sangat tinggi pada bawang merah dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Seseorang yang memiliki hipertensi beresiko untuk mengalami berbagai macam penyakit bersifat degenerasi, antara lain penyakit jantung kroner, gagal ginjal, stroke, dan juga diabetes melitus.

3. Membantu dalam Menormalkan Kadar Gula dalam Darah 

Tingkat kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan munculnya penyakit diabetes melitus. Kadar gula darah yang tinggi adalah sumber dari segala macam penyakit degeneratif dan juga penyakit kronis.

Penelitian di daerah Sudan pada penderita penyakit diabetes melitus tipe satu dan dua yang mengkonsumsi bawang merah mentah mempunyai jumlah gula darah normal dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Baca Juga :  Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, Ultimatum Disdik Terkait Pelaksanaan Study Tour Lebih Aman dan Berfaedah

4. Dapat Membuat lega Tenggorokan

Manfaat dari bawang merah mentah mampu mengatasi sakit tenggorokan. Jus dari bawang merah segar mampu membuat lega tenggorokan dikarenakan terkena serangan batuk dan juga pilek. Buat menambah cita rasa beri tambahan gula aren ataupun madu ke dalam jus bawang.

5. Mampu Mengontrol Diabetes 

Flavonoid pada kandungan bawang merah dapat membantu mengatasi banyak penyakit, salah
satunya ialah diabetes. Sejumlah penelitian pun mempelihatkan khasiat bawang merah mentah yang meningkatkan produksi insulin dan juga membantu dalam mengontrol berat badan yang berhubungan dengan diabetes.

Sifat bawang merah membantu dalam merangsang sekresi insulin, yang mengurangi respon inflamasi yang menyangkut dengan diabetes.

6. Membuat sehat Jantung

Khasiat bawang merah mentah mampu membuka arteri yang tertutup serta mengontrol tekanan darah yang tinggi. Oleh sebab itu, mengkonsumsi bawang merah secara rutin dapat mencegah penyakit jantung koroner.

Artikulli paraprakBobol Sekolah di Ciampea, Pelaku Pencurian Tinggalkan Jejak Tulisan Ini
Artikulli tjetërMantan CEO Twitter Pamerkan Media Sosial Baru