Beranda Kesehatan Adab Bangunkan Sahur Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

Adab Bangunkan Sahur Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

Jakarta,Publikbicara.com – Tak jarang orang terganggu dengan cara masyarakat membangunkan makan sahur. Lantas bagaimana Islam mengajari adab membangunkan sahur sesuai sunnah Nabi?

Membangunkan sahur sudah menjadi bagian dari tradisi di Indonesia. Biasanya masyarakat membangunkan makan sahur dengan menabuh kentongan sambil berseru, “Sahur! sahur!”.

Ada juga yang membangunkan sahur melalui pengeras suara dari masjid. Namun sayang, cara tersebut sering kali mengganggu orang lain. Islam mengajarkan adab yang baik membangunkan makan sahur.

Tentunya adab tersebut sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW. Perlu diketahui bahwa membangunkan makan sahur di zaman Nabi tidak dilakukan dengan teriak atau menabuh kentongan.

Dikutip dari Yufid TV (23/05/18) yang dilakukan pada saat itu adalah dengan azan awal. Ya, pada zaman Nabi ada dua azan di waktu pagi. Pertama, azan sebelum terbit fajar shodiq oleh Bilal bin Rabah.

Baca Juga :  Trip Wisata De'bus Jasinga : Potensi di Bawah Puing Sejarah yang Pudar Seiring Kabut Waktu

Dan yang kedua azan Subuh dilakukan setelah terbit fajar Subuh oleh sahabat Abdullah bin Ummi Maktum. Jarak antara azan Bilal dan azan Ibnu Ummi Maktum tidak terlalu jauh.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Sesungguhnya Bilal melakukan azan di malam hari untuk membangunkan orang yang tidur di antara kalian dan orang yang Tahajud bisa kembali istirahat untuk persiapan Subuh,” (HR Nasai 2170).

“Jangan sampai azan Bilal yang membuat kalian untuk menghentikan makan sahurnya,” (HR Bukhari 7247).

“Sesungguhnya Bilal melakukan azan di malam hari sebelum subuh makan dan minumlah kalian sampai Ibnu Ummu Maktum azan,” (HR Muslim 1092).

Baca Juga :  Nobar Gratis dan Berhadiah Bareng Polsek Jasinga : Timnas U-23 vs Uzbekistan, Semifinal Final Piala Asia 2024 yang Mendebarkan

Itulah yang cara membangunkan orang makan sahur yang sesuai dengan sunnah, yakni dengan azan dua kali. Sementara itu, bagaimana hukumnya membangunkan orang sahur?

Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan bahwa tidak ada hadis khusus yang membahas tentang hadis yang berisi anjuran untuk makan sahur. Namun, banyak hadis yang berisi anjuran untuk makan sahur.

“Sahurlah kalian karena pada saat sahur ada banyak keberkahan. Jadi, kalau membangunkan makan sahur itu sama saja membangunkan salat malam dan itu sunnah bagian dari ibadah insya Allah,” ujar Ustaz Khalid Basalamah.

Sumber:Detik

Artikulli paraprakResep Omelet Terong Yang Praktis, Cocok Untuk Lauk Sahur
Artikulli tjetërJokowi Lantik KPU dan Bawaslu 2022-2027 di Istana Negara Hari Ini