Beranda Daerah Asep Wahyu : Camat Cibungbulang Blunder

Asep Wahyu : Camat Cibungbulang Blunder

CIBUNGBULANG – Anggota DPRD Jawa Barat, Asep Wahyuwijaya menyangkan sikap Camat Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Yudi Nurzaman yang sudah melecehkan Profesi Jurnalis.

Menurut Pria yang biasa di sapa Aw,
bahwa statement Pak Camat itu tentunya amat blunder.

Sebagai pejabat publik mestinya ia bisa menjaga ucapannya. Tak boleh dirinya mengatakan sesuatu yang tak berdasar apalagi niatnya untuk merendahkan.

“Aturan diam-diam ini tentunya berlaku kepada semua pejabat publik saat berbicara dengan siapapun dan dimanapun. Jika mau bercanda pun tentu harus memperhatikan ruang dan waktunya, ” tegasnya.

Karena ini masalah etik, sambung Aw. Sanksinya paling dimutasikan saja.

“Menurut hemat saya untuk sementara waktu ybs jangan dulu ditempatkan pada posisi front-liner atau yang bersentuhan dengan publik tapi mestinya diposisikan sebagai back-office saja, ” ujarnya.

Sebelumnya, Jurnalis Bogor Barat (JBB) mengutuk keras pernyataan Camat Cibungbulang, Yudi Nurzaman, yang dianggap melecehkan profesi jurnalis dengan menyebut-nyebut wartawan meminta uang.

Baca Juga :  Jaro Ade Siapkan Kandidat Kuat untuk Wakil Bupati dalam Pilkada Bogor 2024 : Nama-nama Ini Masuk Daftar

Yudi melontarkan pernyataan tak elok itu di hadapan banyak orang saat para jurnalis meliput mediasi aksi unjuk rasa dari Forum Kepemudaan dan warga Cibatok yang meminta camat mundur dan transparansi anggaran Pemdes Cibatok Satu di aula Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor.

Padahal saat itu, tak ada satu pun jurnalis yang meminta uang. Para jurnalis hadir hanya untuk kebutuhan pemberitaan.

Salah seorang anggota Jurnalis Bogor Barat (JBB), Cepi Kurniawan mengatakan, tidak sepantasnya seorang camat sebagai pimpinan di wilayah mengeluarkan kata-kata bernada pelecehan semacam itu. Terlebih, kata-kata yang jelas tidak mendasar itu disampaikan dalam forum.

Tentu pernyataan yang melecehkan profesi jurnalis oleh Camat Cibungbulang sebagai pejabat publik itu tak patut. Ini menjadi perhatian serius teman-teman JBB dan PWI Kabupaten Bogor Korwil Bogor Barat. Kami mengutuk pernyataan yang semena-mena itu,” tegas Cepi.

Baca Juga :  Kisah Pembunuhan di Balik Plastik Diungkap Kepolisian Polda Jateng : Berikut Motif Pelaku

Atas dasar itu, JBB meminta Bupati Bogor melakukan evaluasi terhadap Camat Cibungbulang itu. Camat seharusnya menjadi contoh yang baik, bukan membuat gaduh.

“Kami dari JBB dan PWI Kabupaten Bogor Korwil Bogor Barat mendesak Bupati Bogor ade Yasin untuk mutasikan camat tersebut dari Cibungbulang,” ungkapnya.

Terpisah, Camat Cibungbulang Yudi Nurjaman meminta maaf kepada para jurnalis terkait pernyataan yang cenderung melecehkan profesi wartawan.

“Saya meminta maaf kepada seluruh insan pers terkait pernyataan saya yang menyinggung para jurnalis yang sedang meliput kegiatan aksi unjuk rasa di kantor kecamatan Cibungbulang. Saya keceplosan dan bercanda mengelaurkan kata-kata yang menyinggung profesi insan pers,” singkatnya.

(Fahri)

Artikulli paraprakLukai Hati Insan Pers, DPD KNPI Kabupaten Bogor Mengecam Pernyataan Camat Cibungbulang
Artikulli tjetërAdvokat Muda Bobar, Bupati Harus Sikapi Serius Ucapan Camat Ke Insan Pers