Beranda Nasional Jokowi Pimpin Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kalibata

Jokowi Pimpin Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kalibata

Jakarta– Presiden Joko Widodo memimpin upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta, Senin (17/8) tepat pukul 00.00 WIB. Upacara ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75.

Dalam upacara ini Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin bersama pejabat tinggi negara lain salah satunya Menteri Agama Fachrul Razi.

Selaku inspektur upacara, Jokowi menyampaikan penghormatan tertinggi bagi ribuan pahlawan yang telah mengabdi dan berjuang demi kebahagiaan negara Indonesia.

Baca Juga :  FIFA Pertimbangkan Sanksi Terhadap Timnas Israel: Keputusan Akan Diambil pada Juli 2024

“Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,” kata Jokowi dalam pidato upacara Apel Kehormatan dan Renungan yang disiarkan langsung di akun Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden juga memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang tak dikenal dari seluruh pelosok Indonesia.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa ditempatkan yang sebaik-baiknya,” ujar Presiden.

Baca Juga :  Optimalisasi Kementerian: Prabowo Disarankan Ambil Langkah Progresif Menuju Efisiensi Birokrasi

“Begitupun para pahlawan tidak dikenal nama dan tempatnya di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng gunung, di lembah ngarai dan di dasar-dasar lautan,” ujarnya.

Setidaknya ada 10.102 pahlawan yang dikubur di TMP Kalibata. Antara lain, pahlawan dari TNI-Polri sebanyak 9. 131, badan perjuangan 877 pahlawan, tokoh nas

Sumber:Cnn indonesia

Artikulli paraprakPDIP Gelar Upacara HUT RI Ke 75 di Masa Pandemi
Artikulli tjetërBerikut Hal Yang Berbeda Pada Upacara HUT RI ke 75 Hari Ini