29.9 C
Bogor
Kamis, 29 September 2022
Beranda blog

Hendak Berziarah, Warga Tenjo Bogor Ditemukan Meninggal Dunia di Sungai Pandeglang Banten

0

BOGOR, PUBLIKBICARA.COM – Diduga karena terpeleset, seorang warga Kampung Cipare, Desa Tenjo, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor ditemukan sudah dalam kondisi meninggal dunia di aliran sungai di wilayah Pandeglang, Banten saat hendak berziarah ke makam mendiang ibunya.

Informasi yang dihimpun, korban pertama kali ditemukan warga sekitar yang hendak memancing dalam kondisi mengapung di aliran sungai tepatnya dibawah jembatan Surianen, Kecamatan Patia, Pandeglang pada Rabu, 28 September 2022 sekira pukul 05.30 WIB.

Sedangkan ciri-ciri dari sosok mayat berjenis kelamin laki-laki tersebut antara lain, memakai baju lengan pendek berwarna hitam, celana jeans warna biru dan memakai sepatu.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Tenjo Iptu Suyadi membenarkan kejadian tersebut, keseharian korban merupakan seorang tukang ojek yang biasa mangkal di wilayah tenjo.

“Kami sudah monitor dan benar korban seorang tukang ojek pangkalan yang sering mangkal di wilayah Tenjo, tapi tempat kejadian perkara di Pandeglang,” ungkap Kapolsek Tenjo Iptu Suyadi ketika dikonfirmasi wartawan.

Iptu Suyadi menyampaikan, belum diketahui pasti penyebab kematian korban yang sudah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di pinggir aliran sungai tersebut.

“Detailnya yang menangani Polsek Pagelaran (Polres Pandeglang) tapi laporan sudah diterima karena dari KTP korban warga Tenjo dan sudah di informasikan kepada pihak keluarganya,” ucapnya.

Sementara itu, tetangga korban, Muslih mengungkapkan, informasi dari pihak keluarga saat itu korban hendak ziarah ke makam ibunya dan terpeleset hingga jatuh ke aliran sungai.

“Saat kejadian motornya ada dipinggir jalan, entah dia mau buang air kecil atau apa kita tidak tahu awal kejadiannya dan ditemukan pagi,” katanya.

Muslih membenarkan, dari kartu identitas benar korban berjenis kelamin laki-laki itu merupakan tetangganya yang ditemukan sudah dalam kondisi meninggal dunia.

“Nama sesuai ktp, dan panggilan sehari-harinya di kampungnya mang Awon,” katanya. (Fex)

Miris, Seorang Nenek Berusia 66 Tahun Mengadu ke Kantor Kecamatan Cigudeg Belum Dapat Bantuan Dari Pemerintah

0

BOGOR, PUBLIKBICARA.COM – Mengaku belum mendapat bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah, seorang ibu berusia 66 tahun warga Kampung Malangbong RT 02 RW 11, Desa Argapura mengadukan keluhannya ke Kantor Kecamatan Cigudeg.

Marpuah mengatakan, mengapa lansia seperti dirinya yang hanya hidup bersama suami yang berusia 77 tahun bahkan sudah pikun justru belum mendapat perhatian dari pemerintah.

“Ibu hidup hanya dengan suami, untuk kebutuhan sehari-hari hanya mengandalkan belas kasihan dari kerabat dan tetangga, padahal yang lain mah suka dapat bantuan tapi ibu mah tidak,” ungkap Marpuah kepada wartawan pada, Selasa 27 September 2022.

Di tempat yang sama, tetangga sekaligus kerabat Marpuah, Bakri membenarkan bahwa selama ini nenek Marpuah yang tinggal bersama suaminya itu belum pernah mendapat bantuan selama beberapa tahun ini.

“Iya ibu Marpuah kerabat saya hidup hanya sama suami yang saat ini kondisinya sudah pikun. Ibu Marpuah selama ini bertahan hidup hanya dari belas kasihan kerabat dan tetangga,” ujarnya.

Di Kantor Kecamatan Cigudeg, Marpuah dijumpai oleh Ketua Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Hambali.

Hambali mengaku, dirinya merasa prihatin setelah mengetahui keadaan Marpuah yang luput dari perhatian.

“Selama ini kami tidak tahu, karena selama ini kami tidak pernah mendapatkan laporan maupun informasi dari RT, RW maupun desa,” katanya.

Jadi, kata Hambali, atas adanya laporan ini pihaknya akan sambung kan langsung dengan pendamping lansia Kecamatan, agar dapat segera ditindak lanjuti.

“Akan kita tindak lanjuti secepatnya, karena sepertinya itu belum terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang operatornya ada di desa,” katanya. (Fex)

Sempat Jadi Primadona Saat Pertalite Mahal, Harga BBM Vivo Naik

0

BOGOR, PUBLIKBICARA.COM ‐‐
Harga BBM Revvo 89 di SPBU Vivo naik dari dari Rp10.900 menjadi Rp11.600 per liter.

Kenaikan diketahui berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di SPBU Vivo Limo Depok pada Selasa (27/9). Namun, kenaikan tidak terjadi pada Revvo 92 dan Revvo 95.

Kedua jenis bahan bakar tersebut masih dijual dengan harga masing-masing Rp15.400 dan Rp16.100 per liter.

Petugas di SPBU tersebut Agus mengatakan kenaikan sebenarnya terjadi pada Minggu (25/9) malam lalu.

“Naiknya dari minggu malam pergantian harga, berlakunya Senin pagi,” katanya.

Ia tidak tahu kenapa harga BBM Revvo 89 naik.

Revvo 89 sempat menjadi primadona masyarakat usai pemerintah menaikkan harga pertalite dari Rp7.650 menjadi Rp10 ribu per liter mulai Sabtu (3/9) lalu. Masyarakat banyak yang memburu BBM itu karena harganya hanya Rp8.900 per liter.

Akibat perburuan tersebut, Revvo 89 sempat hilang dari pasaran.

Sumber :CNN Indonesia

Sambut Event Motor Cross, Warga Dua Desa di Sukajaya Lakukan Persiapan

0

BOGOR, PUBLIKBICARA.COM – Warga Desa Pasir madang dan Cileuksa, Kecamatan Sukajaya kompak lakukan persiapan menyambut event Cileuksa Open Gasstrack menyambut HUT TNI ke 77 di JA Sirkuit Pada 8-9 Oktober 2022 mendatang.

“Hari ini para warga, pemuda dan unsur ormas, pemerintah desa Cileuksa dan Pasirmadang bersama -sama melakukan segala persiapan memasang spanduk di beberapa titik,” kata Kades Cileuksa Ujang Ruhyadi kepada wartawan, Senin 26 September 2022

Kades yang biasa disapa Apih Ujang itu mengatakan Sirkuit JA ini perdana akan dilakukan event dalam rangka peringatan HUT TNI Ke 22. Dalam event tersebut nantinya ada 25 kelas yang akan dilombakan

“Kelas yang di lombakan 25 diantaranya
Sport trail open, BBK Modifikasi, Open matic wanita dan. RBT Ojek Lokal dengan total hadiah 20 Juta plus motor matic untuk juara umum. Belum lagi hadiah lainya untuk juara Satu , dua dan tiga,” katanya.

Apih Ujang mengatakan dalam event itu juga pihak desa melibatkan masyarkat sekitar dalam rangka peningkatan pertumbuhan Ekonomi.

“Kita libatkan masyarakat apalagi dengan adanya event ini yang dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT TNI sebagai bentuk pemulihan ekonomi masyarakat Sukajaya pasca diterpa bencana beberapa tahun lalu,” katanya.

Apalagi kata Apih Ujang di lokasi Sirkuit itu nantinya akan dibuat area wisata yang terintegrasi dengan Ketahanpangan sesuai program pemerintah pusat.

“Berharap pemerintah Kabupaten Bogor melalui beberapa dinasnya mendukung penuh untuk pemulihan ekonomi masyarakat Sukajaya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Apih Ujang mengatakan, dalam event itu bisa dinikmati semua kalangan, termasuk karcis akan digratiskan untuk masyarakat.

“Untuk tiket nonton itu gratis tidak dipungut biaya,”ungkapnya. (Fex)

Aan Triana Bersama Tenaga Ahli dari Ravindra Airlangga Salurkan Bantuan Warga Terdampak Bencana di Cigudeg

0

BOGOR, PUBLIKBICARA.COM – Anggota DPRD Kabupaten Bogor Aan Triana al Muharom bersama Tenaga Ahli (TA) dari Anggota DPR-RI Ravindra Airlangga menyambangi warga terdampak pergeseran tanah dan longsor di Kampung Cibugis, Desa Banyuwangi Kecamatan Cigudeg. Sebanyak 200 paket sembako disalurkan untuk warga terdampak.

“Pertama kami ingin memastikan warga di kampung Cibugis Desa Banyuwangi ini selamat karena bagaimanapun mereka terdampak oleh infrastruktur yang hancur akibat pergeseran tanah,” ungkap Aan Triana al Muharom kepada wartawan pada, Senin 26 September 2022.

Dalam kunjungannya, Aan Triana al Muharom menyampaikan, sebanyak 200 paket sembako disalurkan untuk meringankan warga terdampak.

“Kami dari DPD Golkar dan juga juga Kang Ravindra Airlangga juga melalui tenaga ahli nya kesini membawa bingkisan sembako untuk meringankan beban saudara saudara kita yang terdampak,” katanya.

Selain itu, Aan Triana al Muharom mengatakan, bahwa pihaknya akan membantu mengusulkan relokasi bagi pada pengungsi yang ada di wilayah terdampak tersebut. Karena, wilayah tersebut tidak layak untuk di huni.

“Mungkin berdasarkan rekomendasi geologis tidak masuk untuk dijadikan pemukiman, sehingga kami meminta DPKPP mencoba mengkaji persoalan ini bersama-sama DPRD terkait anggaran untuk direlokasi ketempat yang lebih aman di sekitar wilayah Kecamatan Cigudeg,” ungkapnya.

Terkait masih ada warga yang masih tinggal di Kampung Cibugis tersebut, Aan Triana Al Muharom menegaskan, kepada warga ketika suatu saat mereka harus direlokasi mau tidak mau harus siap. Karena bagaimana pun pemerintah menginginkan kenyamanan untuk seluruh warga di Kabupaten Bogor.

“Mereka alasannya klasik ya karena mungkin bicaranya ini tanah mereka ini tanah kelahiran mereka sementara keseharian mereka sebagai petani dan tidak bisa jauh dari kebiasaan itu, sehingga ketika direlokasi pun mereka berfikir kami harus direlokasi kemana, sementara ini adalah tempat kesehariannya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Banyuwangi, Rio Fariddudin menyampaikan rasa terimakasih atas kehadiran wakil rakyat tersebut.

“Kami dari Pemerintah Desa Banyuwangi mengapresiasi kepada pak dewan untuk turun langsung ke lapangan terkait pergeseran tanah di kampung Cibugis ini, tapi disisi lain kami juga sangat miris terhadap kampung cibugis yang belum dapat relokasi pada tahun 2008 itu hampir semua tapi mungkin ada beberapa yang ada disini belum dapat relokasi sekitar ada 23 kepala keluarga,” katanya. (Fex)

PLN Terus Dampingi Bagi KPM Dalam Uji Coba Konversi LPG 3KG ke Kompor Listrik

0

BOGOR, PUBLIKBICARA.COM ‐‐
PT PLN (Persero) terus melakukan pendampingan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam program uji coba konversi LPG 3 kg ke kompor listrik.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan pihaknya fokus mendampingi serta mengevaluasi program yang kini tengah dilaksanakan kepada 1.000 KPM di Solo, Jawa Tengah dan 1.000 KPM di Denpasar, Bali.

“Arahan pemerintah sangat jelas dan PLN menindaklanjuti dengan berbagai perbaikan pada program uji coba di dua kota tersebut,” kata Darmawan dalam keterangan resmi, Minggu (25/9).

“Kami terus memberikan pendampingan kepada masyarakat penerima manfaat, sampai benar-benar dapat mengoperasikan penggunaannya secara mandiri dan beralih sepenuhnya ke kompor listrik,” lanjutnya.

Damar menjelaskan keluarga yang menerima program uji coba konversi kompor listrik adalah pelanggan dengan daya 450 VA dan 900 VA. Ia memastikan tidak ada perubahan daya listrik pelanggan imbas program tersebut.

Adapun jalur kabel listrik khusus yang disediakan oleh PLN juga terpisah dari instalasi listrik yang sudah ada sehingga tidak mempengaruhi daya listrik pelanggan.

“Meskipun disediakan jalur kabel khusus memasak oleh PLN, daya listrik KPM tidak mengalami perubahan. Yang 450 VA tetap 450 VA, yang 900 VA juga tetap 900 VA,” tutur Darmawan.

“Kami juga memastikan, tidak ada pengalihan daya 450 VA ke 900 VA sebagaimana yang sempat beredar di masyarakat,” lanjutnya.

Damar mengatakan hingga kini program tersebut menunjukkan progres positif, seperti konsumsi penggunaan kompor listrik yang semakin besar dan KPM mulai merasakan penggunaan kompor listrik lebih murah dibanding LPG 3 kg.

Namun, PLN juga akan melakukan pendataan secara berkala sebagai evaluasi untuk dilakukan perbaikan dan pertimbangan pemerintah.

“PLN akan melaporkan data pemantauan dan evaluasi program uji coba kompor listrik di dua kota tersebut secara periodik untuk menjadi pertimbangan pemerintah dalam mengambil kebijakan selanjutnya,” ungkapnya.

Diketahui, pemerintah berencana melakukan konversi LPG 3 kg ke kompor listrik. Uji coba sudah dilakukan Solo dan Denpasar dengan membagikan 1.000 paket kompor listrik di masing-masing kota.

Pemerintah juga berencana membagikan paket kompor listrik kepada 300 ribu rumah tangga yang menjadi sasaran tahun ini. Rumah tangga penerima paket kompor listrik ini adalah yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Paket tersebut terdiri dari satu kompor listrik, satu alat masak dan satu Miniature Circuit Breaker (MCB) atau penambah daya khusus untuk kompor listrik.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Rida Mulyana menjelaskan harga paket kompor listrik tersebut sekitar Rp1,8 juta, sehingga jika sasarannya 300 ribu rumah tangga, maka anggaran yang dibutuhkan tahun ini sekitar Rp540 miliar.

Meski demikian, Rida mengatakan masih bisa ada perubahan. Sebab, ada masukan agar data kompor listrik yang dibagikan dinaikkan.

Sumber : CNN Indonesia

Sedang Ramai Dibahas Soal Es Teh, Ternyata Les Parisiens Pernah Larang Messi Dkk Minum Itu

0

PARIS, PUBLIKBICARA.COM – Es teh yang sedang ramai dibahas, rupanya juga dinilai tak sehat klub raksasa Paris Saint-Germain. Les Parisiens melarang Lionel Messi dkk minum itu!

Kandungan gula minuman es teh kemasan sedang ramai dibahas di media sosial oleh warganet Indonesia. Ada yang menuding minuman tersebut tak sehat karena rasa yang terlalu manis.

Es teh, yang sedang diributkan itu, rupanya juga dinilai tak sehat bagi pesepakbola. Setidaknya, hal itu yang dinilai PSG, klub raksasa asal Prancis.

Menurut laporan Daily Mail yang menukil Le Parisien, Paris Saint-Germain rupanya melarang bintang-bintangnya, termasuk Lionel Messi, Neymar, dan Kylian Mbappe minum es teh.

Aturan itu diberlakukan, usai penasihat klub yang baru, Luis Ocampos, merekrut ahli nutrisi untuk PSG. Para bintangnya kini dilarang minum soda atau es teh selama sesi makan siang.

Sebelumnya, PSG tidak punya ahli nutrisi khusus sebelum Ocampos datang. Setelah ada yang mengatur pola makan pemain, es teh menjadi salah satu yang dilarang.

Sikap ini juga diterapkan PSG, meski punya kontrak dengan salah satu produk minuman soda. Diketahui, raksasa Ligue 1 itu bekerja sama dengan Coca-Cola hingga 2024.

Soal makan pemain, PSG memang membuat aturan baru. Pelatih Christophe Galtier, yang juga baru tiba di Parc des Princes, meminta bintang-bintangnya selalu makan bersama, tanpa menggunakan ponsel, untuk meningkatkan keakraban.

Kini, Paris Saint-Germain memimpin klasemen Liga Prancis, mengungguli Lyon. Di Liga Champions, klub kaya raya itu juga sempurna di dua pertandingan setelah bisa menekuk Juventus dan Maccabi Haifa. Apa itu semua karena tidak minum es teh?

Sumber : Detik

Viral Soal Es Teh Yang Terlalu Manis, Ini Penjelasan Takaran Gula Yang Aman Untuk Dikonsumsi

0

BOGOR, PUBLIKBICARA.COM – Baru-baru ini heboh seorang konsumen es teh kekinian disomasi usai protes terkait kandungan gula dalam satu minuman. Konsumen itu mengungkapkan produk yang dicobanya itu terlalu manis.

Meski konsumen yang mengunggah cuitan di Twitter itu sudah meminta maaf, ini telah membuat netizen mempertanyakan kadar gula yang aman untuk dikonsumsi. Sebenarnya, berapa banyak jumlah gula yang boleh dikonsumsi dalam sehari?

Dikutip dari Healthline, jumlah gula yang aman dikonsumsi per hari mungkin bergantung pada total asupan kalori, tingkat aktivitas, dan faktor lainnya. Namun, jumlahnya tetap harus diperhatikan.

Takaran Gula yang Aman Dikonsumsi Per Hari
Untuk ini, ada beberapa orang yang bisa memakan banyak gula tanpa membahayakan dirinya. Tapi, tak jarang juga yang harus menghindari gula sebanyak mungkin.

Menurut American Heart Association (AHA), berikut jumlah maksimum gula tambahan yang harus dikonsumsi dalam sehari:

Pria
Jumlah gula yang bisa dikonsumsi pria adalah 150 kalori per hari. Ini setara dengan 37,5 gram atau 9 sendok teh gula.

Wanita
Jumlah gula yang bisa dikonsumsi wanita adalah 100 kalori per hari. Ini setara dengan 25 gram atau 6 sendok teh gula.

Konsumsi gula yang berlebihan sangat berkaitan dengan beberapa penyakit berbahaya. Mulai dari obesitas atau kegemukan, diabetes tipe 2, penyakit jantung, kanker tertentu, kerusakan gigi, penyakit hati berlemak non alkohol, dan masih banyak lagi.

Sumber :Detik

Jokowi : 19.600 Orang Tiap Hari Mati Kelaparan Karena Krisis Pangan

0

BOGOR, PUBLIKBICARA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap kondisi di banyak negara yang sedang sulit. Bahkan menurutnya belasan ribu orang per hari meninggal karena krisis pangan.

Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka BUMN Startup Day di ICE BSD, Tangerang, Senin (26/9/2022).

“Sekarang ini saya baru dapat angka 19.600 orang setiap hari mati kelaparan karena krisis pangan tapi itu dunia,” kata Jokowi.

Jokowi awalnya mengatakan, dunia pada posisi yang tidak gampang. Lembaga-lembaga internasional menyampaikan tahun 2022 merupakan tahun yang sangat sulit. “Tahun depan mereka menyampaikan akan lebih gelap,” katanya.

Ia pun bercerita mengenai pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk berdiskusi selama 2,5 jam. Ia juga bercerita mengenai pertemuannya dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy yang memakan waktu 1,5 jam.

Dari situ, Jokowi menyimpulkan jika perang masih akan lama. Akhirnya menambah parah kondisi perekonomian di banyak negara.

“Saya menyimpulkan, perang tidak akan segera selesai, akan lama. Itu akan berakibat kepada kesulitan-kesulitan yang lain, krisis pangan, krisis energi, krisis finansial, COVID yang belum pulih dan akibatnya kita tahu,” jelasnya.

Sumber : Detik

Waduh,Ada Mobil Siaga Desa Pemkab Bogor di Depan Kantor Pengadilan Tipikor Bandung

0

BOGOR, PUBLIKBICARA.COM – mobil siaga Desa di kabupaten bogor biasanya digunakan untuk Masyarakat untuk berobat ataupun untuk keperluan secara urgent dalam sekala kepentingan warga,

akan tetapi,terpantau oleh awak media, Mobil siaga Bernomor polisi F 1643 G tersebut terparkir dan standby di depan kantor pengadilan tindak pidana korupsi kelas 1A bandung,diduga digunakan untuk mengangkut rombongan yang mendukung terdakwa Bupati nonaktif ade yasin Pada Jum’at (23/09/2022).

Ketua aktivis lingkar masyarakat kabupaten bogor (Limbo) Dede Jujun kebetulan sedang ada di tempat parkirnya kendaraan tersebut,dia mengatakan,dengan teganya yang menggunakan kendaraan hibah dari pemkab bogor itu digunakan untuk berkunjung ke pengadilan bandung padahal mungkin saja ketika itu dipakai masyarakat sedang mencari untuk keperluan urgent.

“Sangat tidak boleh ditiru,nama Desa nya pun tidak terpampang dalam branding mobilnya,sepertinya ini memang niat yang sudah di rencanakan, agar tidak ada yang mengenal,yang saya takutkan mobil siaga ini dipakai keluar kota bisa jadi masyarakat desanya sedang mencari, entah untuk kebutuhan berobat ataupun keperluan penting lainya.”katanya.

Lanjutnya,dia menyayangkan ketika ada pejabat Desa yang memaksakan berkunjung dan melihat proses persidangan ini,tetapi memakai kendaraan masyarakat

“kalo memang tidak sanggup untuk menyewa untuk kendaraan lain, ya jangan memaksakan, jangan bikin malu nama desanya lah, ini jelas disalah gunakan demi kepentingan pribadi apalagi jabatannya.”tegas Dede jujun ketua aktivis limbo.