Beranda Daerah Walhi Jabar : Event Motor Trail Rancaupas Bandung Rusak Fungsi Ekologis...

Walhi Jabar : Event Motor Trail Rancaupas Bandung Rusak Fungsi Ekologis dan Pertanian Warga

Publikbicara.com,- Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Jawa Barat mengecam keras Event motor trail yang bertema ‘Ranca Upas Camping Adventure Explore 2023,” di Kawasan Ranca Upas Kabupaten Bandung yang diselenggarakan pada 5 Maret 2023.

Menurut Ketua Walhi Jabar Meiki W Paendong bahwa event tersebut bukan kali pertama terjadi. Aktivitas motor trail yang masuk yang masuk sampai ke kawasan hutan yang disitu mempunyai fungsi ekologis yang sangat tinggi yang akhir ekosistem yang ada di sana jadi terganggu.

Baca Juga :  Pencurian Hewan Ternak Marak di Leuwisadeng Bogor, Aparat Penegak Hukum Kemana?

“Jadi kenapa yang akhir kami mengecam keras dampaknya tidak hanya terjadi pada dampak lingkungan namun dampak sosial juga terjadi karen berdasarkan pemantauan kawan kawan di Bandung selatan ada juga pertanian milik warga yang juga rusak,”kata Meiki kepada wartawan.

Walhi Jabar dan pencinta lingkungan berharap kejadian tersebut tidak terulang lagi tidak hanya di kawasan Ranca Upas namun di daerah lainya yang memang memiliki kelestarian alam.

Baca Juga :  Ini Lokh Wasit Kontroversial di Balik Duel Persija vs Persib Bandung dan Drama Asian Games 2018 : Wasit Shaun Evan

 

Meiki juga menyebut bahwa selama pelaksanaan event tersebut tidak ada laporan, termasuk pihaknya menduga ada kejanggalan pengelola kawasan tidak mengetahui hal itu.

 

“Ia tidak mungkin acara itu akan digelar satu sampai dua hari perencanaan membuka jalur itu kan perlu waktu, jadi ini yang kami curigai ada kejanggalan dugaan keterlibatannya pengelola kawasan yang memberikannya ijin,”katanya.

Editor:  Camel

Artikulli paraprakYuliarti Anggota Bhayangkari Polres Bogor Dirikan Sanggar Campernik Jelita, Fokus Ajarkan Generasi Muda Cintai dan Lestarikan Seni Tari
Artikulli tjetërArtis Ammar Zoni Lagi lagi di Tangkap Polisi Karena Sabu di Sentul Bogor