Beranda Daerah Jenderal Kopasus Spesialis Perang Hutan, Pimpin Pembebasan Pilot Susi Air di Rimba...

Jenderal Kopasus Spesialis Perang Hutan, Pimpin Pembebasan Pilot Susi Air di Rimba Papua

Publikbicara.com, – Operasi pembebasan pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mahrtens di rimba Papua di pimpin lamgsung olehJenderal Kopassus Brigjen TNI JO. Sembiring.

pilot asal Selandia Baru tersebut disandera Kelompok Kriminal bersenjata (KKB) teroris di Papua pimpinan Egianus Kogoya.

Komandan Korem 172/Praja Wira Yakthi (PWY) ini memastikan, saat ini keamanan di Distrik Suru-suru, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan, berangsur-angsur kondusif.

“Memang benar kondisi di Suru-suru semakin kondusif sehingga masyarakat mulai kembali ke kampung dan mendiami rumahnya,” kata JO Sembiring, dilansir Antara, Senin (20/2/2023).

Baca Juga :  Ridwan Kamil Beri Dukungan Penghargaan Jangka Panjang kepada Shin Tae-yong : Begini Komentar Netizen

Sebelumnya tanggal 28 Januari 2023 warga yang dipimpin kepala Distrik Suru-suru kembali ke kampung halamannya untuk meyakinkan situasi telah aman atau tidak, paparnya.

Bahkan, pada Sabtu (18/2) sekelompok masyarakat dengan membawa Bendera Merah Putih tiba di Kampung Suru-suru dalam keadaan aman yang disambut Danpos Satgas Yonif R 600/Modang.

Jenderal Kopassus ini mengatakan, kembalinya warga Suru-suru itu setelah warga yang tiba terlebih dahulu memberitahukan kepada sanak keluarganya bahwa kondisi telah aman sehingga berani mereka kembali ke kampung halamannya.

“TNI bersama Pemkab Nduga berupaya meyakinkan masyarakat agar mau kembali karena kampungnya sudah aman dari gangguan KKB,” kata JO Sembiring.

Baca Juga :  Rajut Lembaran Sejarah: Golkar Ajak Demokrat untuk Bersatu di Pesta Demokrasi Pilkada Bogor 2024

Dia mengatakan Satgas Yonif R 600/Modang telah melakukan berbagai upaya untuk memastikan distrik tersebut aman sehingga masyarakat dapat kembali ke kampung halamannya.

Kabupaten Nduga merupakan bagian dari Kodim 1715/Yahukimo dan Korem 172/PWY, namun satgas yang bertugas berada di bawah kendali Komando Korem 174/ATW.

Masyarakat Suru-suru sempat mengungsi akibat terjadinya gangguan keamanan yang dilakukan KKB bulan Desember 2021.

Editor : Cep Rendra
Sumber : Okezone.com

Artikulli paraprakDokter Kepolisian Lakukan Pertolongan Pertama, Kecelakaan Heli Kapolda Jambi dan Rombongan di Hutan Kerinci
Artikulli tjetërKejaksaan Agung Lakukan Banding, Terhadap Terdakwa Pembunuhan Berencana Ferdy Sambo Cs