Beranda Nasional Ribuan Kades Se-Indonesia Geruduk Senayan Hari Ini, Tuntut Jabatan di Perpanjang

Ribuan Kades Se-Indonesia Geruduk Senayan Hari Ini, Tuntut Jabatan di Perpanjang

Jakarta.Publikbicara.com —Puluhan ribu kepala desa (Kades) bakal mengepung gedung senayan DPR/MPR RI hari ini (17/01/2023).

Mereka datang dari beberapa penjuru daerah di Indonesia, dan lebih banyak berasal dari kabupaten di Pulau Jawa. Para Kades itu menggelar aksi damai. Menuntut masa jabatannya diperpanjang.

Aksi damai ke Ibu Kota tersebut sejak hari Sabtu-Minggu 14-15 Januari. Sebagian besar berombongan dengan mencarter bus. Namun, tidak sedikit yang naik pesawat.

Baca Juga :  Mahkamah Konstitusi Anggap Tuduhan Tim Anies dan Cak Imin cTidak Relevan : Ini Keputusan MK

Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Probolinggo Supriyanto mengatakan, pihaknya akan bergabung dengan para Kades dari Jawa Timur. Tujuannya, menyampaikan aspirasi agar dilakukan revisi Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Dalam UU Desa disebutkan, masa jabatan Kades adalah enam tahun dengan batas maksimal tiga periode. Nah, pihaknya bersama para Kades berharap regulasi itu berubah. Yakni, menjadi sembilan tahun dengan tanpa batasan periodesasi.dilansir dari Jawa pos.com

Baca Juga :  Ini Lokh Wasit Kontroversial di Balik Duel Persija vs Persib Bandung dan Drama Asian Games 2018 : Wasit Shaun Evan

Sementara itu ,Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko menyatakan, semua warga negara punya hak menyampaikan aspirasi. Tidak terkecuali Kades. Dia mempersilakan Apdesi menyampaikan tuntutannya. “Yang perlu diperhatikan, jangan sampai aksi solidaritas yang memiliki tujuan baik ini dinodai pihak yang tidak bertanggung jawab. Bukannya aksi damai, malah aksi berdarah. Ini harus hati-hati,” pesannya.

Artikulli paraprakTawuran Pelajar di Bogor Sering Janjian Via Medsos. Orang Tua Diminta Cek HP Anak
Artikulli tjetërKumpulkan Kepala Daerah Se- Indonesia Kemendagri Gelar Rakornas Hari Ini di Sentul Bogor