Beranda Ekonomi Berikut Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia Versi Forbes Tahun 2022

Berikut Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia Versi Forbes Tahun 2022

Jakarta, Publikbicara.com — Di tengah berkecamuknya Perang, pandemi, dan pasar yang lesu telah membuat harta mayoritas orang kaya ini turun dibanding tahun 2021.
Tahun ini hanya ada sebanyak 2.668 miliarder, atau 87 lebih sedikit dari tahun lalu. Sementara, jumlah kekayaan kolektif mencapai US$ 12,7 triliun, atau US$400 miliar lebih rendah ketimbang 2021.

Dilansir dari CNN Indonesia. Penurunan kekayaan paling dramatis terjadi di Rusia, di mana terdapat 34 miliarder lebih sedikit dari tahun lalu. Hal ini terjadi setelah invasi Presiden Vladimir Putin ke Ukraina.

Selain itu, penurunan juga terjadi di China, di mana tindakan keras pemerintah terhadap perusahaan teknologi telah menyebabkan harta kekayaan 87 miliarder China menciut.

Meski demikian, Forbes juga mencatat lebih dari 1.000 miliarder yang nilai harta kekayaan melonjak signifikan dari tahun lalu. Tak hanya ini, dalam setahun terakhir ada 236 orang kaya baru dari wilayah Barbados, Bulgaria, Estonia, dan Uruguay.

Berikut daftar 10 orang terkaya di dunia versi Forbes pada 2022:

  1. Elon Musk
    Dengan kekayaan bersih sebesar US$219 miliar, Elon Musk dikenal dan mendulang kekayaan dari enam perusahaan termasuk pembuat mobil listrik Tesla, produsen roket SpaceX, dan startup Boring Company.

  2. Jeff Bezos
    Jeff Bezos memiliki keyaan US$171 miliar. Ia dikenal karena mendirikan raksasa e-commerce Amazon pada 1994 dari garasinya di Seattle. Manun, ia mengundurkan diri sebagai CEO untuk menjadi ketua eksekutif pada Juli 2021.

  3. Bernard Arnault & keluarga
    Bernard Arnault mengawasi gurita bisnis LVMH dari sekitar 70 merek fashion dan kosmetik, termasuk Louis Vuitton dan Sephora. Kekayaan Arnault kini sebesar US$158 miliar.

  4. Bill Gates
    Bill Gates memiliki kekayaan bersih mencapai US$129 miliar. Ia mendulang kekayaan dari perusahaan perangkat lunak Microsoft.

  5. Warren Buffett
    Dikenal sebagai “Oracle of Omaha,” Warren Buffett adalah salah satu investor paling sukses sepanjang masa dengan kekayaan senilai US$118 miliar.

  6. Larry Page
    Mantan bos Alphabet ini memiliki kekayaan bersih mencapai Rp111 miliar. Larry Page mengundurkan diri sebagai CEO induk perusahaan Google itu pada Desember 2019 tetapi tetap menjadi anggota dewan dan pemegang saham pengendali.

  7. Sergey Brin
    Sergey Brin memiliki kekayaan bersih sebesar US$107 miliar. Sama seperti Larry Page, ia juga merupakan pentolan dari Alphabet. Kendati, Brin mengundurkan diri sebagai presiden Alphabet pada Desember 2019 meski tetap menjadi pemegang saham pengendali dan anggota dewan.

  8. Larry Ellison
    Larry Ellison adalah ketua chief technology officer (CTO), dan salah satu pendiri raksasa perangkat lunak Oracle, dengan kepemilikan saham sekitar 35 persen. Kini kekayaan bersihnya sebesar US$106 miliar.

  9. Steve Ballmer
    Steve Ballmer memiliki kekayaannya sebesar US$91,4 miliar. Ia merupakan mantan CEO Microsoft. ia memimpin Microsoft dari 2000 hingga 2014.

  10. Mukesh Ambani
    Dengan kekayaan bersih senilai US$90,7 miliar, Mukesh Ambani memimpin dan menjalankan perusahaan India yaitu Reliance Industries senilai US$104 miliar (pendapatan). Perusahaan ini memiliki bergerak di bidang petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi, dan ritel.

Baca Juga :  Pelatih Sun Hong Ungkap Kesiapan Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia U-23 Timnas Garuda Muda

 

Artikulli paraprakDua Wanita Lakukan Pencurian Tas Berisi ATM di Tajur Kota Bogor
Artikulli tjetërKonsumsi Telur Khawatir Kadar Kolesterol Darah Naik? Berikut Penjelasannya