Beranda Kesehatan Ciri-Ciri Air yang Terkontaminasi Tinja, Stop Jangan Diminum !

Ciri-Ciri Air yang Terkontaminasi Tinja, Stop Jangan Diminum !

JAKARTA, PUBLIKBICARA.COM ‐‐
Sebuah studi Kualitas Air Minum Rumah Tangga oleh Kementerian Kesehatan menemukan sebanyak 70 persen sumber air minum terkontaminasi tinja. Studi ini melingkupi lebih dari 20 ribu sumber air minum rumah tangga di Indonesia. Lantas, apa saja tanda-tanda air yang terkontaminasi?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi setidaknya 2 miliar orang di dunia menggunakan sumber air minum yang tercemar. Namun sayangnya, membedakan air yang sepenuhnya bersih dan yang tercemar tidak mudah.

Sering kali orang sudah kadung minum air yang tercemar dan pada akhirnya memicu sejumlah masalah kesehatan. Agar terhindar dari beragam penyakit, ada perlunya mengetahui beberapa ciri-ciri air yang terkontaminasi, seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga :  Korban Tragedi Waterway di Pamijahan Dapat Santunan, Pemagaran Akan Dilakukan Paling Lambat Juni

Ciri-ciri air yang terkontaminasi tinja

1.Timbul bau
Air yang terkontaminasi akan menimbulkan aroma yang tidak biasa. Pada umumnya, kontaminasi akan membuat air mengeluarkan bau seperti belerang. Anda juga perlu waspada jika air tercium seperti bau klorin. Hal ini menandakan klorinasi berlebih.

Perlu diketahui, klorin biasanya ditambahkan ke air minum untuk menghilangkan bakteri atau mikroorganisme berbahaya.

2.Warna air keruh
Air yang berwarna keruh tentunya menandakan adanya kontaminasi. Kontaminasi dapat terjadi saat air menyapu kotoran, lumpur, atau pun karat saat dikeluarkan dari sumbernya. Jika air tak kunjung jernih dari waktu ke waktu, masa bisa jadi terdapat bakteri di dalam air.

Baca Juga :  Kesalahan Penulisan Kuasa Hukum KPU Memicu Teguran di Sidang MK PHPU Pileg 2024

3.Ada yang mengendap
Sebagian besar air minum berasal dari sumur di dalam tanah. Hal ini berarti Anda perlu memperkirakan kemungkinan adanya endapan yang masuk ke pasokan air. Pengolahan air yang memadai semestinya harus menyaring hampir semua sedimen sehingga tidak muncul di air minum.

Endapan yang terlihat di air merupakan indikator adanya celah di saluran air yang membuat sedimen bisa masuk dan bercampur dengan air yang diolah.

4.Terdapat rasa pada air
Air minum yang bersih seharusnya tidak memiliki rasa. Jika Anda merasakan sesuatu pada air yang Anda minum seperti logam atau pahit, maka kemungkinan besar telah terjadi kontaminasi.

Sumber : CNN Indonesia

Artikulli paraprakKASAD Dudung Abdurachman Resmikan Masjid Baitul Mustafa di Kemang Bogor
Artikulli tjetërGuru Dipecat dari Sekolah Karena Sering Unggah Foto Sexy di Instagram