Di Guncang Gempa Banten, Pemdes Wargajaya Cigudeg Mulai Perbaiki Rumah Warga

Berita Populer

- Advertisement -

Bogor, Publikbicara.com – Pasca terjadinya gempa di Sumur Banten pada Jumat sore 14 Januari 2022 kemarin, Pemerintah Desa (Pemdes) Wargajaya, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor mulai memperbaiki rumah warga yang alami kerusakan.

Diungkapkan, Kepala Desa Wargajaya Eman Suryatman, pihaknya saat ini sedang memperbaiki 3 unit rumah warga yang alami kerusakan akibat gempa.

“Pertama ini di kampung Babakan, Kampung Cikanas dan Kampung Cijapuh, ada tiga unit rumah yang terkena gempa bumi,” katanya.

- Advertisement -

Eman Suryatman mengaku, hal itu dilakukan sebagai langkah awal penanganan bagi warga terdampak gempa bumi tersebut, Pemerintah Desa bergerak cepat dengan membantu rumah warga yang alami kerusakan.

“Ini pertolongan pertama, daripada rumah warga tidak ada dinding sehingga saya berinisiatif belanja material sendiri yang dikerjakan oleh tukang dan pemilik rumah,” ucapnya.

Baca Juga :  Harga Emas Antam di Level Rp992 ribu Per Gram

Rata rata kerusakan di wilayah Desa Wargajaya kata Eman Suryatman, pada dinding rumah warga yang retak hingga terdapat dinding rumah warga yang jebol.

- Advertisement -

Satu rumah yang saat ini dindingnya masih ditunjung menggunakan bambu sedangkan dua rumah yang dindingnya jebol saat ini sedang diperbaiki oleh Pemerintah Desa.

Mengingat di wilayahnya berlokasi di perbukitan, pihaknya mengimbau warga untuk lebih waspada dan berhati-hati.

“Saya mengimbau ke masyarakat itu hati-hati, sekarang banyak kejadian bencana. Selain itu jika membangun rumah jangan asal membangun kemudian membangun rumah di lokasi yang memang layak untuk dibagunkan rumah, jangan sampai di lokasi yang rawan longsor dibangun rumah, selanjutnya untuk menjaga saluran air agar mengalir da tidak terhambat,” ucapnya.

Baca Juga :  Dua Motor Adu Banteng di Jalan Raya Kalong, Tiga Orang Pemotor Alami Luka di Kepala
- Advertisement -

Sebagai informasi, selain di Desa Wargajaya, Kecamatan Cigudeg, dampak guncanga bencana gempa Sumur Baten tersebut itu juga dirasakan warga di Desa Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya.

Seperti diungkapkan, Sekertaris Desa Harkatjaya, Rizki Ramdani Permana mengatakan, di wilayahnya, sebagian besar kerusakan pada bagian dinding yang retak dan atap rusak. Sementara penghuninya mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Total ada lima rumah di Desa Harkatjaya yang terdampak gempa, kalau yang di Kampung Pasir Ipis ada 3 rumah, yang rusak berat 1 rumah yang rusak ringan 2 rumah kalau di Kampung Cibuluh 2 rumah,” ungkapnya. (Fex)

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

Bogor
broken clouds
25.3 ° C
25.3 °
25.3 °
86 %
1kmh
53 %
Sab
25 °
Ming
31 °
Sen
30 °
Sel
30 °
Rab
30 °

Berita terbaru

Kurikulum Merdeka Belum Semuanya Diterapkan di Sekolah Dasar di Leuwisadeng Bogor

Bogor, Publikbicara.com - Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) meluncurkan Kurikulum Merdeka sebagai rangkaian...

Berita Terkait
publikbicara.com