22.6 C
Bogor
Rabu, 19 Januari 2022

Bupati Bogor Minta Pembangunan Huntap Dikebut

Berita Populer

- Advertisement -

BOGOR, Publikbicara.com – Sejumlah agenda kerja Bupati Bogor Ade Yasin dalam kunjungannya ke wilayah Kecamatan Cigudeg salah satunya mengunjungi Hunian Tetap (Huntap) untuk korban bencana awal tahun 2020 lalu.

Di lokasi Huntap, Ade Yasin secara simbolis menyerahkan bibit tanaman, bibit ikan dan bibit ayam, selain itu, penyerahan secara simbolis Rutilahu sebanyak 12 desa di Kecamatan Cigudeg.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, pihaknya akan meminta kesediaan kepada Presiden Jokowi dalam peresmian Huntap di Kecamatan Cigudeg dan Sukajaya.

- Advertisement -

“Mengingat belum selesai secara menyeluruh kemungkinan setelah selesai baru nanti kita resmikan. Karna tanah-tanah yang ada di sini milik perhutani sehingga atas petunjuk beliau juga masyarakat bisa mendapatkan huntap,” ungkap Ade Yasin kepada wartawan disela kunjungannya pada, Rabu (01/12/2021).

Menurutnya, progres Huntap Cigudeg saat ini sudah hampir 80 persen, Huntap Desa Urug, Kecamatan Sukajaya juga sudah 80 persen, sisanya masih dalam tahap pembangunan karena keterlambatan administrasi.

Baca Juga :  Kesal Disuruh Kerja, Suami Bunuh Istri di Semarang

“Karna ada yang tertunda di tahun ini mengingat anggarannya terkena refocusing yang dari provinsi tapi kita mendapatkan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebesar 23 milyar yang tahun 2022 akan dikerjakan,” katanya.

- Advertisement -

Dirinya menjelaskan, untuk lokasi Huntap di Kecamatan Cigudeg ada sekitar 1700 yang bersedia untuk di relokasi, karena ada juga warga yang tidak mau direlokasi.

Sambung Ade Yasin menegaskan, tidak bisa membangun di zona merah rawan bencana.

“Kalau untuk di lokasi ini ada 205 yang di Desa Sukaraksa kalau untuk di Desa Urug ada 358 sisanya sedang kita line kliring, mudah-mudahan di tahun 2022 tuntas dan masyarakat bisa pindah dari hunian sementara (Huntara),” bebernya.

- Advertisement -

Sementara itu, Kepala Dinas PKPP Kabupaten Bogor Ajat Rochat Jatnika mengatakan, meski prosesnya belum 100 persen, kunjungan Bupati Bogor Ade Yasin itu untuk mengecek kesiapan Huntap apakah bisa diresmikan oleh Presiden.

Baca Juga :  Hari Keempat Rizky Korban Hanyut Ditemukan di Rumpin

“Sebetulnya sudah selesai tapi ada penambahan dibagian lantai, semua unit sudah selesai dari kedua lokasi tapi ada penambahan di bagian lantai untuk di keramik, kemungkinan akhir tahun selesai semua,” katanya.

Dirinya menambahkan, di sebelah utara Huntap itu, rencananya akan dibangun sekitar 1400 unit rumah dengan anggaran dari Provinsi, Pemda maupun Pemerintah Pusat.

“Nah untuk yang belum terbangun salah satunya di Desa Harkatjaya itu ada di lahan yang baru, itu kita mendapatkan anggaran dari BNPB itu sebanyak 467 unit dengan total anggaran 23 milyar,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Dalam kunjungannya itu Ade Yasin juga meresmikan sejumlah proyek yang didanai program Samisade atau Satu Milyar Satu Desa. (Fex)

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

Bogor
overcast clouds
22.6 ° C
23.5 °
22.6 °
90 %
0.7kmh
98 %
Rab
29 °
Kam
25 °
Jum
30 °
Sab
30 °
Ming
32 °

Berita terbaru

Tiga Kali Serangan Geng Motor Resahkan Warga Cibanteng

Bogor, Publikbicara.com-Kawanan geng motor kembali meneror wilayah Kecamatan Ciampea tepatnya dekat Panti Asuhan Kosgoro, Kampung Cibanteng, Desa Cibanteng...

Berita Terkait
publikbicara.com