Beranda News Setahun Lagi TV Analog Bakal Dimatikan, Kominfo Minta Masyarakat Segera Beralih Ke...

Setahun Lagi TV Analog Bakal Dimatikan, Kominfo Minta Masyarakat Segera Beralih Ke TV Digital

Publikbicara.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah meminta kepada masyarakat untuk segera beralih ke siaran TV digital. Sebab setahun lagi, siaran TV analog akan dimatikan oleh pemerintah.

Proses migrasi TV analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO) akan dimulai pada 30 April 2022 mendatang dan berakhir sepenuhnya pada 2 November 2022.

“Oleh karena itu, kami mengajak untuk segera beralih ataupun migrasi dari perangkat TV analog ke digital,” ujar Staf Khusus Menkominfo Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Rosarita Niken Widiastuti, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (7/11/2021).

Baca Juga :  Konsolidasi Partai Golkar dan PKS: Koalisi Untuk Pilkada Jadi Bahasan

Niken menegaskan meski beralih ke siaran TV digital, masyarakat tetap dapat menonton siaran tersebut gratis seperti sebelumnya. Di sisi lain, kualitas gambar, suara, dan fitur, TV digital lebih canggih dibandingkan siaran TV analog.

“Masyarakat tidak perlu membayar, tidak perlu berlangganan atau membeli pulsa untuk menonton. Dengan TV digital siaran akan lebih bersih gambarnya, jernih suaranya, canggih teknologinya,” tandasnya.

Baca Juga :  Ikut Upacara Hardiknas di Bogor Barat: Ini Pesan Dan Harapan Ketua DPD KNPI Kabupaten Bogor Wahyudi Chaniago

Hanya saja, masyarakat perlu menggunakan perangkat Set Top Box untuk mendukung menangkap siaran TV digital apabila perangkat televisinya masih analog.

Di sisi lain, Kominfo beserta penyelenggara multipleksing (mux) mengatakan kalau pihaknya akan membagikan set top box gratis TV digital kepada keluarga miskin berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir.

Sumber:Detik

Artikulli paraprakKarya Inovatif, Mahasiswa ITS Ciptakan Aplikasi Sensible Untuk Konsultasi Dengan Psikolog
Artikulli tjetërJadwal Indonesia vs Afghanistan Nanti Malam di Gloria Sports Arena