Beranda News Cara Menolak Masuk Grup WhatsApp

Cara Menolak Masuk Grup WhatsApp

JAKARTA ‐‐ Di satu sisi, kehadiran fitur grup pada WhatsApp sebenarnya mempermudah pola komunikasi di antara satu kelompok. Namun, di sisi lain, kehadiran fitur grup kerap kali digunakan tak sebagaimana mestinya.

Permasalahan yang kemudian muncul adalah banyaknya undangan bergabung dalam sebuah grup tanpa diinginkan. Bahkan, Anda bisa masuk ke dalam grup tanpa ada seorang pun yang dikenal.

Namun, Anda tak perlu khawatir, ada cara menolak masuk grup WhatsApp yang bisa diikuti. Anda juga bisa mengikuti cara melaporkan grup WhatsApp jika dirasa sangat mengganggu.

Grup yang tidak diinginkan sering kali ramai dengan kiriman berbagai pesan dalam bentuk foto, video, atau pesan broadcast. Grup yang terlalu aktif juga mengganggu aktivitas harian.

Sebagai langkah pertama, pengguna WhatsApp sebenarnya bisa memanfaatkan fitur mute notifikasi agar aktivitas tidak terganggu. Namun, jika cara tersebut tak mengubah apa pun, Anda bisa melakukan cara lainnya.

Ada beberapa cara menolak masuk grup WhatsApp yang bisa Anda lakukan.
Berikut cara menolak masuk grup WhatsApp.

1.Memberikan pernyataan langsung di grup
Saat menyadari bahwa Anda diundang ke dalam grup yang tidak diinginkan, langkah awal yang dapat dilakukan adalah memberitahu admin dan anggota grup bahwa Anda tidak ingin bergabung dengan alasan sudah terlalu banyak grup.

Baca Juga :  Sirkuit Rumpin Membuka Jalan Menuju Kejayaan Otomotif, Aan Triana : Seperti Semi Mandalika

2.Beralasan nomor WhatsApp khusus untuk kerja
Anda bisa memberitahukan admin grup bahwa nomor WhatsApp yang terdaftar digunakan khusus untuk urusan pekerjaan, dan bukan pribadi. Sampaikan juga jika Anda hanya menerima grup yang berhubungan dengan pekerjaan.

3.Beralasan akun WhatsApp merupakan akun bisnis
Secara default, akun WhatsApp bisnis dapat juga digunakan untuk non-bisnis atau reguler. Berikan penjelasan pada admin grup bahwa Anda tidak ingin bisnis yang tengah dijalani terhambat karena tercampur dengan grup umum.

4.Beralasan kapasitas memori eksternal terbatas
Secara umum, setiap ponsel pintar bisa menambahkan memori eksternal untuk memperbesar kapasitas memori internal ponsel yang sering kali terlalu kecil.

Aplikasi biasanya dimasukkan ke dalam memori eksternal. Dengan begitu, Anda bisa beralasan bahwa memori eksternal Anda terbatas karena aplikasi penting yang diunduh untuk menunjang produktivitas.

5.Beralasan ponsel cepat panas
ilustrasi charger hpIlustrasi. Memberikan beberapa alasan yang masuk akal dapat menjadi cara menolak masuk grup WhatsApp. (iStockphoto/spukkato)
Aplikasi yang Anda gunakan di ponsel akan tetap berjalan jika tidak ditutup dan hanya sekadar keluar dari aplikasi. Hal ini menyebabkan baterai dan ponsel menjadi lebih cepat panas, apalagi jika ditambah grup WhatsApp liar yang sangat aktif.

Baca Juga :  Wajah Baru di Panggung Politik : Berikut Daftar Nama Anggota DPR RI Provinsi Jawa Barat Periode 2024-2029

6.Mengaktifkan fitur penolak grup
Beberapa tahun lalu, WhatsApp meluncurkan fitur pembatasan pengguna yang dapat menolak undangan grup jika nomor tersebut tidak terdaftar di kontak Anda. Aktifkan fitur ini agar orang-orang yang berpotensi mengundang Anda tidak dapat memasukkan Anda secara tiba-tiba ke grup WhatsApp.

Berikut cara mengaktifkan fitur penolak grup:
– Masuk ke Pengaturan WhatsApp
– Masuk ke Akun
– Masuk ke Privasi
– Ketuk opsi ‘Grup’ dan pilih opsi ‘Kontak Saya’

Cara ini membuat hanya orang-orang yang terdaftar di dalam kontak yang bisa mengundang Anda masuk ke dalam sebuah grup.

7.Blokir dan laporkan

Jika Anda diundang oleh nomor tak dikenal dan grup berisi konten-konten yang mengganggu, maka segera blokir dan laporkan grup tersebut. Jika perlu, blokir dan laporkan juga nomor yang mengundang Anda.

Berikut cara melaporkan grup WhatsApp:

  • Buka chat grup yang ingin dilaporkan
  • Ketuk ikon titik tiga di sudut kanan atas pada Android, atau ketuk nama grup yang tertera di atas pada iPhone
  • Pilih ‘Laporkan Grup/Report Group’
  • Konfirmasi

Demikian beberapa cara menolak masuk grup WhatsApp yang bisa Anda lakukan. Jika aktivitas grup dirasa sangat mengganggu, Anda bisa langsung mengikuti cara melaporkan grup WhatsApp.

Sumber :Cnn Indonesia

Artikulli paraprakKlasemen Medali Paralimpiade Tokyo 2020
Artikulli tjetërCara Menggoreng Agar Minyak Tidak Meletup