Beranda Kesehatan Cara Menggoreng Agar Minyak Tidak Meletup

Cara Menggoreng Agar Minyak Tidak Meletup

JAKARTA‐‐ Minyak panas yang menciprat ke berbagai penjuru dapur adalah mimpi buruk yang kerap terjadi saat memasak. Tak jarang letupan minyak panas itu juga bisa mengenai dan melukai kulit.

Terdapat sejumlah cara agar minyak tak meletup saat menggoreng yang dapat Anda coba ketika memasak. Menggoreng ikan, ayam, dan aneka lauk lainnya tak lagi menakutkan.

Berikut cara agar minyak tak meletup saat menggoreng:

1.Keringkan wajan
Minyak yang meletup saat digoreng dapat terjadi karena terdapat air di permukaan wajan. Air akan menyebabkan minyak menciprat ke mana-mana saat digoreng. Hal ini terjadi karena perbedaan massa minyak dan air.

Baca Juga :  Bandara Sam Ratulangi Tutup Akibat Abu Vulkanik Gunung Ruang

Oleh karena itu, pastikan wajan benar-benar kering sebelum digunakan untuk menggoreng. Lap wajan dengan tisu atau kain sebelum digunakan.

2.Menaburkan tepung
Cara mudah agar minyak tak meletup lainnya adalah dengan menaburkan tepung. Taburan tepung dapat mengurangi letupan minyak panas.

Saat minyak dipanaskan taburkan tepung lalu diamkan selama satu hingga dua menit. Setelah itu, masukkan lauk yang akan digoreng.

3.Sesuaikan suhu kompor
Pengaturan suhu menjadi kunci agar minyak tak meletup saat menggoreng ikan atau daging. Anda bisa mengaturnya perlahan agar minyak tak terlalu panas saat proses penggorengan dilakukan.

Pertama-tama panaskan minyak hingga suhu maksimum lalu atur suhu secara perlahan dengan cara mengecilkan api kompor. Baru masukan bahan-bahan yang akan digoreng secara perlahan.

Baca Juga :  Kecelakaan Mengerikan: Mobil Ertiga Hantam Pedagang Jamu di Leuwisadeng Bogor

4.Sesuaikan ukuran wajan
Gunakan wajan sesuai dengan kebutuhan. Jangan menggoreng menggunakan wajan kecil jika bahan makanan tergolong banyak atau berukuran besar.

Wajan kecil berpotensi menyebabkan tumpahan minyak.

5.Pakai tutup wajan
Cara lain agar aman dari letupan minyak panas adalah dengan menutup wajan saat makanan telah dimasukkan ke dalam minyak. Cara ini adalah cara terbaik agar tak muncul letupan saat proses menggoreng berlangsung.

Itulah cara agar minyak tak meletup saat menggoreng makanan yang bisa dilakukan dengan mudah.

Sumber :Cnn Indonesia

Artikulli paraprakCara Menolak Masuk Grup WhatsApp
Artikulli tjetërWarga Nanggung Sulap Limbah Kayu Jadi Berbagai Jenis Kreasi Bernilai Ekonomi