Manfaat Lemon Untuk Diet

Berita Populer

- Advertisement -

JAKARTA – Buah lemon sudah dikenal memiliki banyak manfaat untuk membantu proses menurunkan berat badan.
Selain itu, kandungan vitamin C, serat, dan antioksidan dalam buah lemon dipercaya bisa meluruhkan lemak serta menjaga kesehatan tubuh.

Berikut ini ada beberapa manfaat lemon untuk diet yang baik untuk dikonsumsi, merujuk berbagai sumber.

1. Mengontrol Berat Badan
Olahan buah lemon sering dijadikan infused water atau minuman pendamping detoks untuk diet karena dapat memberi efek kenyang lebih lama.

- Advertisement -

Mengutip Healthline, mengonsumsi air lemon selama diet, bisa mempertahankan kondisi perut tetap kenyang, mengontrol berat badan, dan mengurangi rasa ingin ngemil.

Hal ini juga diperkuat dengan bukti penelitian bahwa ekstrak lemon tersebut mengandung polifenol yang memang fungsinya untuk menurunkan berat badan.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Manfaat lemon untuk diet juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat utama dalam lemon mengandung pektin yaitu sejenis serat larut.

- Advertisement -

Serat larut tersebut berguna menjaga usus serta memperlambat pencernaan gula dan pati, yang efeknya mampu menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, lemon juga memiliki sifat diuretik yang membantu detoksifikasi tubuh, sehingga membantu membakar lemak.

Akan tetapi, untuk memperoleh kebaikan serat lemon ini bukan hanya dari perasan airnya saja. Anda perlu mengonsumsi daging buahnya.

- Advertisement -

3. Rendah Kalori
Cara mengonsumsi buah lemon untuk diet pada umumnya diolah menjadi minuman seperti infused water karena rendah kalori.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman rendah kalori saat makan dapat menurunkan jumlah kalori keseluruhan yang dikonsumsi dalam makanan.

Tapi perlu diketahui bahwa lemon infused water berbeda dengan jus jeruk kemasan yang biasanya sudah mengandung pemanis tambahan dan kurang baik dikonsumsi untuk diet.

4. Menangkal Radikal Bebas

Vitamin C yang terkandung pada buah lemon dapat membantu memerangi stres oksidatif yang ada dalam tubuh.

Manfaat vitamin C ini berguna mencegah oksidasi senyawa di dalam sel Anda, serta menangkal radikal bebas yang berkaitan dengan LDL (kolesterol jahat).

Selain itu, rutin mengonsumsi lemon akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan racun serta meningkatkan kinerja tubuh yang membuatnya tetap terhidrasi.

Bagi Anda yang kurang suka makan buah lemon secara utuh karena terlalu asam, alternatifnya bisa mencoba membuat air lemon untuk diet seperti panduannya di sini.

Sebagai informasi tambahan, manfaat lemon untuk diet memang terbukti ada. Namun hal ini tidak cukup apabila Anda hanya mengandalkan lemon saja selama diet tanpa olahraga fisik.

Untuk itu, tetap usahakan berolahraga setiap harinya minimal 30 menit sambil dibarengi makan-makanan bergizi, istirahat cukup, dan hindari stres berlebih.

Sumber : Cnn Indonesia

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

Berita terbaru

Peringati Dua Hari Besar Keagamaan, Menteri Johnny: Momentum Bersejarah dan Anugerah Persaudaraan

JAKARTA- Tanggal 13 Mei 2021 diperingati sebagai hari besar dua umat beragama di Indonesia. Pertama, hari raya Idul...

Berita Terkait
publikbicara.com