Biar Tubuh Tidak Gampang Lemes Saat Puasa, Ini Tipsnya!

Berita Populer

- Advertisement -

JAKARTA – Saat berpuasa, tubuh bisa tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman lebih dari 12 jam. Hal tersebut dapat membuat tubuh gampang lemas dan tidak berenergi sepanjang hari, sehingga membuat seseorang kesulitan melakukan aktivitas seperti biasanya.

Dikutip dari Nutrition.org Inggris, rasa lemas tersebut terjadi karena tubuh kekurangan nutrisi dan mengalami dehidrasi ringan. Untuk menghindari hal tersebut dan membuat tubuh berenergi sepanjang hari, berikut ini 3 tips agar badan tidak gampang lemas saat berpuasa, dikutip dari Healthline.

1.Makan cukup protein

- Advertisement -

Saat berpuasa, seseorang akan kekurangan kalori. Tubuh selanjutnya akan mengambil cadangan energi dari tubuh. Itu sebabnya saat puasa, seseorang akan kehilangan lemak dan juga massa ototnya.

Salah satu cara untuk meminimalkan kehilangan massa otot saat berpuasa dengan memastikan bahwa tubuh mendapatkan cukup protein dari makan harian saat sahur dan berbuka puasa. Mengonsumsi protein juga memiliki manfaat lainnya, karena protein dapat membuat tubuh kenyang lebih lama dan tidak mudah merasa lapar.

Penelitian oleh Heather J Leidy dan rekan-rekannya menunjukkan bahwa mengonsumsi sekitar 30 persen kalori makanan dari protein dapat secara signifikan mengurangi nafsu makan.

- Advertisement -

2.Rutin olahraga ringan

Beberapa orang tetap kuat melakukan latihan harian seperti sebelum berpuasa, tetapi bagi seseorang dengan tubuh yang belum terbiasa dengan intensitas olahraga yang berat saat puasa, sebaiknya lakukan dengan intensitas yang rendah. Latihan dengan intensitas rendah dapat dilakukan dengan berjalan kaki, yoga ringan, peregangan lembut, dan melakukan pekerjaan rumah.

Tetap berolahraga saat berpuasa dapat membuat tubuh menjadi lebih prima. Tetapi, hal yang terpenting dari ini adalah pahami tubuh sendiri. Sesuaikan waktu latihan dan intensitasnya sesuai kapasitas tubuh masing-masing.

- Advertisement -

3.Konsumsi suplemen

Saat seseorang merasa lemas saat berpuasa dan tetap beraktivitas seperti biasa, hal tersebut seringkali dikarenakan tubuh kekurangan nutrisi penting. Ini terjadi karena saat berpuasa, orang akan makan lebih sedikit kalori secara teratur sehingga membuat tubuh lebih sulit untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Meski begitu, kekurangan nutrisi saat berpuasa masih dalam kadar yang aman jika menjaga asupan makanan dengan baik. Pada beberapa orang yang merasa nutrisi hariannya tidak dapat dipenuhi dengan optimal saat puasa, bisa mempertimbangkan mengonsumsi multivitamin yang dapat membantu mencegah defisiensi.

Sumber: ANTARA

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

Berita terbaru

Ustadz Tengku Zulkarnain Meninggal, Wanhai Ucapkan Belasungkawa

CIBINONG - Kabar duka menyelimuti tanah air. Pendakwah Ustadz Tengku Zulkarnain atau Tengku Zul meninggal dunia, Senin, 10 Mei...

Berita Terkait
publikbicara.com