Beranda Kesehatan 9 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari

9 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari

JAKARTA – Salah satu kebiasan yang sering dilakukan oleh banyak orang ketika pagi hari yaitu meminum kopi hangat. Kopi dipercaya ampuh untuk membangkitkan semangat, memunculkan energi positif dan membuat seseorang terjaga sehingga siap menjalani hari.

Tak hanya itu, kopi juga memiliki berbagai macam manfaat yang bukan sekedar isapan jempol. Berbagai penelitian membuktikan manfaat minum kopi pada pagi hari. Kopi kaya akan antioksidan dan berbagai nutrisi lain yang bermanfaat baik tubuh, seperti riboflavin, asam pantotenat, mangan, kalium, natrium, magnesium dan niacin.

Dikutip dari Healthline, berikut 9 manfaat minum kopi di pagi hari.

1.Ampuh membakar lemak
Kafein yang terkandung dalam kopi berkhasiat untuk membakar lemak yang ada dalam tubuh. Kafein dapat merangsang pemecahan lemak. Penelitian menemukan bahwa asupan kafein dapat meningkatkan laju metabolisme dan efektif untuk membakar lemak sebanyak 3-11 persen.

Pada penelitian lain ditemukan bahwa efek pembakaran lemak oleh kafein ini lebih efektif pada orang kurus dibandingkan orang gemuk. Biji kopi juga mengandung senyawa yang bernama klorogenat. Studi yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukan bahwa senyawa ini dapat menurunkan berat badan seseorang.

2.Meningkatkan fungsi otak
Manfaat lain meminum kopi pada pagi hari yang tak kalah menakjubkan adalah dapat meningkatkan fungsi otak. Kafein yang terkandung dalam kopi bersifat stimultan. Sehingga, minum kopi pagi hari dapat meningkatkan fungsi otak, mulai dari daya ingat, kewaspadaan, kemampuan merespons sesuatu hingga meningkatkan fokus seseorang.

Baca Juga :  Shin Tae-yong dan Erick Thohir Perpanjang Kontrak: Masa Depan Timnas Indonesia Terang Benderang!

3.Penambah stamina dan performa fisik
Studi menunjukan bahwa minum kopi pada pagi hari juga ampuh untuk meningkatkan stamina dan performa fisik sehingga tubuh lebih siap untuk beraktivitas. Minum kopi dapat meningkatkan kapasitas fisik sampai 12 persen.

Sifat stimultan pada kafein membantu meningkatkan adrenalin dalam darah sehingga tubuh lebih bersemangat untuk beraktivitas. Tak hanya itu, karena kopi memecah lemak, tubuh menggunakan lemak sebagai bahan bakar melakukan metabolisme tubuh. Efeknya tubuh akan menghasilkan lebih banyak stamina untuk beraktivitas.

4.Mencegah alzheimer dan parkinson
Penyakit yang kerap melanda orang tua yang berusia di atas 65 tahun adalah alzheimer dan parkinson yang merupakan penyakit saraf degeneratif. Alzheimer merupakan penyakit penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan bicara serta perubahan perilaku secara bertahap. Sedangkan parkinson adalah penyakit kerusakan sel saraf pusat.

Kedua penyakit ini masih belum memiliki obat untuk menyembuhkannya. Namun, penyakit tersebut dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti makan sehat, rajin berolahraga dan minum kopi.

Studi membuktikan bahwa orang yang rajin minum kopi memiliki risiko yang lebih rendah terkena alzheimer sebesar 65 persen dibandingkan mereka yang buka peminum kopi. Dalam studi lain ditemukan bahwa orang yang rutin meminum kopi berisiko lebih rendah 32-60 persen terkena parkinson dibandingkan mereka yang bukan peminum kopi.

5.Menjaga kesehatan hati
Manfaat lain dari minum kopi pada pagi hari yaitu menjaga kesehatan hati dari berbagai penyakit seperti hepatitis dan fatty liver. Pada umumnya, penyakit tersebut diakibatkan oleh sirosis atau pertumbuhan jaringan perut di hati. Hebatnya, minum kopi empat gelas per hari dapat menurunkan risiko seseorang terkena sirosis.

Baca Juga :  Generasi Muda dan Pengalaman Tertua : Moment Pertemuan Wakil Presiden Terpilih Gibran dan Wapres Ma'ruf Amin

6.Mengatasi depresi
Sebuah penelitian Harvard menemukan bahwa seseorang yang minum empat cangkir kopi per hari memiliki risiko yang lebih rendah terkena depresi dibandingkan mereka yang bukan peminum kopi. Studi lainnya mengungkapkan bahwa seseorang yang rajin minum kopi cenderung tidak mengakhiri hidup karena depresi.

7.Mencegah diabetes
Pada umumnya, penyakit diabetes diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Penyakit diabetes dapat terjadi karena hormon insulin yang terdapat di dalam tubuh itu berkurang. Hal ini berdampak ketidakmampuan untuk mengikat dan mengatur kadar gula di dalam darah. Studi menemukan bahwa mengonsumsi kopi secara rutin dengan takaran yang pas dapat menghindarkan seseorang terkena diabetes tipe-2.

8.Mengobati sakit kepala
Anda sering mengalami sakit kepala ketika bangun tidur? Kopi bisa menjadi salah satu obat yang ampuh untuk mengatasi hal tersebut. Cukup konsumsi kopi hitam hangat ketika bangun tidur. Hal ini telah dibuktikan dari berbagai macam penelitian oleh ahli.

9.Mencegah stroke
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seseorang mengonsumsi kopi secara rutin setiap harinya, risiko terkena stroke akan lebih rendah 20 persen dibandingkan mereka yang tidak rutin minum kopi.

Sumber:Detik

Artikulli paraprakJuliari Batubara Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Korupsi Bansos Covid-19
Artikulli tjetërTips Merawat Cat Body Motor Agar Tetap Terjaga