Beranda News Tips Merawat Cat Body Motor Agar Tetap Terjaga

Tips Merawat Cat Body Motor Agar Tetap Terjaga

JAKARTA – Selain fungsi dan performanya, penampilan sepeda motor juga tak kalah penting dalam perawatannya. Salah satu tampilan motor yang paling terlihat ketika tidak dirawat dengan baik adalah cat motor.

Merawat cat body motor agar tetap terjaga warnanya tidak sebatas mencuci saja. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar tampilannya tidak kusam seperti dijelaskan oleh Astra Honda Motor.

1.Cuci Secara Teratur

Mencuci sepeda motor secara teratur bisa mempertahankan warna cat bodi tetap terlihat bersih dan mengkilap. Selain itu mencuci motor juga menjaga komponen logam selalu bersih dari minyak, debu dan kotoran yang menempel,

Sebaiknya gunakan sabun khusus untuk mencuci sepeda motor. Bahan sabun yang tidak baik untuk mencuci motor adalah yang mengandung deterjen karena bisa membuat cat motor lebih cepat terlihat kusam.

Baca Juga :  Warga Bergotong-royong Hadapi Amblasnya Jalan di Curug Bitung: Harapan Untuk Respons Pemerintah yang Terkesan Tutup Mata

2.Gunakan Kain Lap Berbeda

Saat membersihkan motor menggunakan kain lap, jangan gunakan satu kain yang sama untuk setiap proses dan bagian motor. Misal, lap yang dipakai untuk membersihkan kolong motor jangan dipakai lagi untuk body. Soalnya ada risiko kotoran di lap tersebut masih menempel dan menggores body saat lap itu digunakan.

3.Cuci Setelah Kehujanan

Air hujan tidak sama dengan air biasa. Komponen-komponen sepeda motor sangat sensitif terhadap hujan karena mengandung asam dan karbon dioksida. Campuran dua zat ini dapat menyebabkan karat. Air hujan yang tidak segera dibersihkan pada motor bisa menyebabkan cat kusam juga.

4.Rutin Dipoles

Baca Juga :  Penomena Langka: Ramdhan Akan Diulang Dua Kali dalam Setahun. Berikut Ulasannya!

Ini adalah perawatan ekstra pada tampilan sepeda motor. Bagi anda yang menyayangi dan peduli pada cat body hal ini wajib dilakukan. Langkah ini akan membantu warna cat bodi sepeda motor selalu terlihat mengkilap meski sepeda motor sudah lama dipakai. Pilihlah obat poles yang tak meninggalkan residu atau yang memiliki bahan dasar Carnauba (lilin yang dihasilkan dari buah kelapa).

5.Hindari Parkir di Tempat Terbuka

Selain hujan, faktor alam yang dapat merusak cat motor adalah panas cahaya matahari. Terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung akan membuat warna cat bodi sepeda motor cepat kusam. Bila perlu gunakan cover atau sarung motor untuk melindungi cat bodi motor dari sorotan sinar matahari.

Sumber:Detik

Artikulli paraprak9 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari
Artikulli tjetërBayern Munich vs RB Leipzig Skor 3 – 3