Hati-Hati Jika Berkendara Dekat Truk

Berita Populer

- Advertisement -

Jakarta – Berkendara di sekitar kendaraan besar seperti truk harus ekstra hati-hati. Bahkan, sering kali kendaraan kecil terlibat kecelakaan akibat pengemudi truk tak melihat kendaraan lain di sekitarnya.

Menurut praktisi keselamatan berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, truk memiliki titik buta atau blind spot alias area yang tak terlihat oleh pengemudi. Jika kendaraan lain berada di area blind spot, kendaraan tersebut dalam keadaan rentan.

Baca Juga :  Jalan Tapos 2 Diguyur Samisade

“Truk itu blindspotnya besar, sehingga sering kali kendaraan yang berada di sampingnya tidak terlihat, rentan tertabrak. Segera menjauh!” kata Sony kepada detikcom, Kamis (15/10/2020).

- Advertisement -

Selain itu, truk membutuhkan ruang yang besar dalam bermanuver. Jadi, Sony menegaskan kendaraan lain jangan berada di sisi kiri-kanan truk.

“Karena perawatannya kurang dan kerja remnya berat, sering sekali gagal rem atau rem blong. Jangan pernah berada di depan truk,” ujarnya.

Baca Juga :  Moment Idul Adha, Dadeng Wahyudi Bagikan Alat Penyemprot Disinfektan Sembako dan Hewan Kurban

Sony juga menyebut, apa pun muatannya, rata-rata truk sekarang memiliki muatan berlebih alias overload. Risiko terbesarnya adalah muatan tersebut ambruk.

Baca Juga :  Hilangkan Gengsi, Gadis Cantik ini Jualan Hewan Kurban di Dramaga
- Advertisement -

“Jadi jaga jarak dengan truk,” sarannya.

Selain itu, dimensi besar sebuah truk juga sering dipakai pemotor untuk ‘ngadem’ dari sengatan matahari ketika macet atau lampu merah. Hal itu sangat tidak disarankan oleh Sony mengingat truk memiliki blind spot.

“Pengendara itu berada di zona bahayanya. Segera menjauh,” ucap Sony.

- Advertisement -

Sumber:Detik.com

- Advertisement -
Bogor
broken clouds
24.7 ° C
24.9 °
23.5 °
90 %
1.4kmh
83 %
Sab
30 °
Ming
31 °
Sen
32 °
Sel
31 °
Rab
31 °

Berita terbaru

Bikin Celaka Oli Bekas Diangkut Truk Berceceran di Jalan Raya Leuwisadeng

LEUWISADENG - Sejumlah pengendara roda 2 yang melintasi di Jalan Raya Leuwisadeng, Kecamatan Leuwisadeng terjatuh akibat licinnya jalan...

Berita Terkait
publikbicara.com