Beranda News Hati-Hati Jika Berkendara Dekat Truk

Hati-Hati Jika Berkendara Dekat Truk

Jakarta – Berkendara di sekitar kendaraan besar seperti truk harus ekstra hati-hati. Bahkan, sering kali kendaraan kecil terlibat kecelakaan akibat pengemudi truk tak melihat kendaraan lain di sekitarnya.

Menurut praktisi keselamatan berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, truk memiliki titik buta atau blind spot alias area yang tak terlihat oleh pengemudi. Jika kendaraan lain berada di area blind spot, kendaraan tersebut dalam keadaan rentan.

Baca Juga :  Resep Membuat Sayur Asem Sunda Sedap dan Segar

“Truk itu blindspotnya besar, sehingga sering kali kendaraan yang berada di sampingnya tidak terlihat, rentan tertabrak. Segera menjauh!” kata Sony kepada detikcom, Kamis (15/10/2020).

Selain itu, truk membutuhkan ruang yang besar dalam bermanuver. Jadi, Sony menegaskan kendaraan lain jangan berada di sisi kiri-kanan truk.

“Karena perawatannya kurang dan kerja remnya berat, sering sekali gagal rem atau rem blong. Jangan pernah berada di depan truk,” ujarnya.

Sony juga menyebut, apa pun muatannya, rata-rata truk sekarang memiliki muatan berlebih alias overload. Risiko terbesarnya adalah muatan tersebut ambruk.

Baca Juga :  Berikut Obat Alami yang Bisa Redakan Flu, Membuat Tenggorokan Nyaman

“Jadi jaga jarak dengan truk,” sarannya.

Selain itu, dimensi besar sebuah truk juga sering dipakai pemotor untuk ‘ngadem’ dari sengatan matahari ketika macet atau lampu merah. Hal itu sangat tidak disarankan oleh Sony mengingat truk memiliki blind spot.

“Pengendara itu berada di zona bahayanya. Segera menjauh,” ucap Sony.

Sumber:Detik.com

Artikulli paraprakNikita Willy dan Indra Priawan Akan Resmi Menikah Hari Ini
Artikulli tjetërPemkot Depok Menambahkan Lahan 2 Hektare Untuk Pemakaman Covid-19

Tinggalkan Balasan