Hati-Hati Jika Berkendara Dekat Truk

Berita Populer

- Advertisement -

Jakarta – Berkendara di sekitar kendaraan besar seperti truk harus ekstra hati-hati. Bahkan, sering kali kendaraan kecil terlibat kecelakaan akibat pengemudi truk tak melihat kendaraan lain di sekitarnya.

Menurut praktisi keselamatan berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, truk memiliki titik buta atau blind spot alias area yang tak terlihat oleh pengemudi. Jika kendaraan lain berada di area blind spot, kendaraan tersebut dalam keadaan rentan.

Baca Juga :  Prilly Latuconsina Jadi Dosen Tamu di UGM, Ngajar Materi Kajian Selebritas

“Truk itu blindspotnya besar, sehingga sering kali kendaraan yang berada di sampingnya tidak terlihat, rentan tertabrak. Segera menjauh!” kata Sony kepada detikcom, Kamis (15/10/2020).

- Advertisement -

Selain itu, truk membutuhkan ruang yang besar dalam bermanuver. Jadi, Sony menegaskan kendaraan lain jangan berada di sisi kiri-kanan truk.

“Karena perawatannya kurang dan kerja remnya berat, sering sekali gagal rem atau rem blong. Jangan pernah berada di depan truk,” ujarnya.

Sony juga menyebut, apa pun muatannya, rata-rata truk sekarang memiliki muatan berlebih alias overload. Risiko terbesarnya adalah muatan tersebut ambruk.

Baca Juga :  PLN Terus Dampingi Bagi KPM Dalam Uji Coba Konversi LPG 3KG ke Kompor Listrik
- Advertisement -

“Jadi jaga jarak dengan truk,” sarannya.

Selain itu, dimensi besar sebuah truk juga sering dipakai pemotor untuk ‘ngadem’ dari sengatan matahari ketika macet atau lampu merah. Hal itu sangat tidak disarankan oleh Sony mengingat truk memiliki blind spot.

“Pengendara itu berada di zona bahayanya. Segera menjauh,” ucap Sony.

- Advertisement -

Sumber:Detik.com

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

Bogor
overcast clouds
28 ° C
28 °
28 °
82 %
1.2kmh
94 %
Ming
28 °
Sen
29 °
Sel
28 °
Rab
27 °
Kam
29 °

Berita terbaru

Sedang Berkemah, Seorang Siswa SD Tewas Tersambar Petir di Cibungbulang Bogor

BOGOR,PUBLIKBICARA.COM - Seorang anak berusia 11 tahun meninggal dunia akibat tersambar petir saat berkemah di Lokasi Perkemahan Kwaran...

Berita Terkait
publikbicara.com