Beranda News Urus Perpanjang STNK 5 Tahun Tak Sampai Satu Jam

Urus Perpanjang STNK 5 Tahun Tak Sampai Satu Jam

Jakarta – Di awal penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi minggu lalu, banyak orang berbondong-bondong untuk mengurus perpanjang SIM dan STNK. Alhasil, antrean pun mengular panjang tak karuan.

Namun tenang, kini antrean menumpuk itu mulai terurai. Pengalaman langsung detikcom di kantor Samsat yang berlokasi Polda Metro Jaya, mengurus perpanjang STNK 5 tahun secara total tak sampai satu jam.

Di awal hendak masuk ke parkiran Polda Metro Jaya, petugas sudah sigap berjaga sekaligus bisa jadi tempat warga untuk bertanya-tanya. “Pak, kalau mau perpanjang STNK ke mana?” tanya detikcom ke petugas.

“Langsung saja ke belakang gedung ini untuk gesek (nomor rangka dan nomor mesin) dulu. Ini lurus saja, nanti belok kanan, nanti ada petunjuknya,” jawab si petugas.

detikcom pun kemudian mengikuti arahan si petugas untuk langsung bagian gesek nomor rangka dan mesin. Di area gesek terlihat mobil dan motor berjejer untuk antre.

Baca Juga :  Pemkab Bogor Kembali Gelar Nobar Timnas Indonesia U-23 vs Irak 

Di sini sudah ada petugas yang siap menggesek. Jadi jangan khawatir jika Anda tak tahu lokasi nomor rangka dan mesin kendaraan Anda. Sebab ini sudah jadi ‘mainan sehari-hari’ para petugas tersebut. “Sudah hafal lah mas semua merek dan tipe mobil, lah udah sehari-hari gesek,” ujar si petugas.

Setelah itu, berkas yang tadi digesek dimasukkan ke loket pendaftaran. Namun sebelumnya, Anda mesti parkir kendaraan dulu. Untuk mobil, direkomendasikan ke gedung parkir mobil yang disediakan. Memang di lantai-lantai bawah itu parkiran terlihat penuh, namun coba Anda pilih ke bagian rooftop, parkirannya lebih sepi.

Balik lagi ke loket pendaftaran di dekat lokasi gesek pun tak lama menunggunya. Kemudian lanjut masuk ke dalam gedung setelah melalui prosedur new normal, yaitu cuci tangan dan melalui bilik disinfektan.

Baca Juga :  DPD Partai Golkar Kabupaten Bogor Memulai Safari Politik dengan Semangat Baru : PKB Jadi Partai Pertama yang Disambangi

Anda harus daftar lagi, dengan cara input via komputer yang disediakan dan langsung di-print. Lalu taruh di loket pendaftaran, dan langsung geser lagi untuk melakukan pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan lewat tunai ataupun non-tunai (kartu debet).

Selanjutnya, menunggu sekitar 10-15 menit dan STNK baru pun keluar. Kemudian, Anda tinggal mengambil pelat nomor baru untuk perpanjang STNK 5 tahunan.

Lokasi workshop pelat nomor ini ada di luar gedung, tinggal belok kiri usai pintu keluar. Anda hanya perlu berikan fotokopi ke loket di workshop. Dan tak sampai 5 menit pelat nomor baru kendaraan Anda pun sudah jadi, tanpa perlu biaya tambahan.

Tentu saja dibandingkan awal-awal PSBB di masa transisi minggu lalu pengurusan perpanjangan STNK ini terbilang cepat. Total tak sampai satu jam, dan tanpa antrean mengular panjang.

Sumber:Detik

Artikulli paraprakKabar Duka, Ibunda Sandy Tumiwa Meninggal Dunia
Artikulli tjetërDua Terdakwa Kasus Penyiraman Novel Baswedan Akan Jalani Sidang Pleidoi