Beranda Daerah Kota Yogyakarta Selain Banyak Tempat Wisata, Juga Kaya Kuliner Mulai Jadah Tempe...

Kota Yogyakarta Selain Banyak Tempat Wisata, Juga Kaya Kuliner Mulai Jadah Tempe Hingga Kopi Merapi

Publikbicara.com,- Berlibur ke Yogyakarta rasanya kurang lengkap jika tidak menginjakkan kaki di Kaliurang. Selain memiliki banyak tempat wisata menarik, kuliner Kaliurang juga cukup beragam.

Sebagai salah satu daerah wisata, pesona Kaliurang memang tak pernah padam. Selain karena udaranya yang lebih sejuk karena terletak di kaki Gunung Merapi, Kaliurang selalu bisa memikat hati dan juga lidah para pelancong.

Banyak makanan khas yang bisa dijajal di Kaliurang. Soal rasa juga tak perlu diragukan. Apalagi harganya cukup ramah di kantong.

 

Sama seperti kebanyakan kuliner khas Yogyakarta, kuliner Kaliurang pun bercitarasa manis dan legit, beberapa gurih dan sedikit pedas. Namun pada umumnya, makanan gurih dan manis mendominasi kuliner di daerah yang satu ini.

 

Beberapa kuliner Kaliurang yang paling banyak dicari adalah aneka wedang, mengingat suhu udara di kaki Gunung Merapi cukup dingin. Hingga makanan manis dan hangat selalu menggoda untuk dinikmati di Kaliurang.

 

Selain itu ada beberapa kuliner Kaliurang yang unik dan sayang untuk dilewatkan. Jadi, pastikan untuk mencicipi makanan-makanan berikut ya saat ke Kaliurang.

Baca Juga :  Fadillah Shalat Tarawih di Hari Ke-Emapat Bulan Ramadhan 1445 Hijriyah : Jarang Diketahui Orang

 

Kuliner Kaliurang yang Wajib Dijajal

 

Kaliurang memiliki banyak tempat wisata menarik, termasuk Museum Ullen Sentalu, Tebing Breksi, dan Hutan Pinus Mangunan Dlingo.

 

Selain itu, potensi wisata di Kaliurang juga tak lepas dari berbagai makanan khasnya. Makana napa saja yang bisa ditemukan di Kaliurang, berikut ulasannya.

 

1 Jadah Tempe

 

Makanan khas yang satu ini merupakan perpaduan dari jadah dan tempe bacem. Jadah merupakan makanan yang dibuat dari ketan bercampur parutan kelapa. Teksturnya kenyal dan rasanya gurih.

 

 

juga jadi salah satu kuliner Kaliurang yang populer karena tekstur dagingnya yang lebih lembut ketimbang daging kambing.

 

Selain itu, kayu manis, jinten, asam jawa, dan juga jahe yang menjadi bumbu memperkaya citarasa daging kelinci.

 

  1. Wedang Gedang

 

Wedang menjadi minuman yang cukup umum di daerah Jawa. Biasanya minuman hangat yang satu ini terbuat dari rebusan air jahe, gula aren, kayu manis, dan juga daun pandan.

 

Dari banyaknya jenis wedang, wedang gedang menjadi salah satu minuman khas Kaliurang. Minuman yang satu ini disajikan bersama irisan gedang atau pisang. Paduan rasa legit dan hangat serta irisan pisangnya membuat wedang gedang cocok dinikmati di udara dingin Kaliurang.

Baca Juga :  Jasinga dan Mitologi Singapurba: Pitutur Jaya Singa Ratu, Pengasih Citra Nagara.

 

  1. Wedang Ronde

 

Selain wedang gedang, ada juga wedang ronde. Meski sebenarnya, makanan yang satu ini mudah dijumpai di seluruh sudut Kota Yogyakarta. Namun, dengan kondisi cuaca yang dingin di Kaliurang, tak ada salahnya jika menjadikan wedang ronde sebagai kudapan hangat nan nikmat.

 

  1. Kopi Merapi

 

Saat berada di Kaliurang, pastikan untuk tidak melewatkan Kopi Merapi. Tanaman yang satu ini tumbuh subur di lereng Merapi.

 

Bijinya kemudian diolah untuk bisa dinikmati oleh para pecinta kopi. Ada cukup banyak warung kopi di Kaliurang yang menawarkan kopi Merapi, salah satunya Warung Kopi Merapi.

 

Selain bisa dinikmati di tempat, kopi Merapi bisa dijadikan oleh-oleh khas Kaliurang. Tinggal dipilih sesuai selera, robusta atau arabika.

 

Itu dia beberapa kuliner yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Kaliurang. Pastikan untuk tidak melewatkan semuanya, ya!

Editor : Elsyiham

Artikulli paraprakKabupaten Lebak Banten di Guncang Gempa Tektonik 5,2 Magnitudo Getaran Terasa Sampai Bandung Barat
Artikulli tjetërDiduga Konsleting Listrik Pabrik Kasur di Tenjo Bogor Ludes Terbakar