Beranda Daerah Letjen Agus Ingatkan Jalan Penghubung Cigudeg – Rumpin Bogor Rawan Longsor,...

Letjen Agus Ingatkan Jalan Penghubung Cigudeg – Rumpin Bogor Rawan Longsor, Jaga Alam Dengan Benar

BOGOR, PUBLIKBICARA.COM – Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto meninjau pembangunan jalan penghubung antara Desa Banyu Asih, Kecamatan Cigudeg, dengan Desa Rabak, Kecamatan Rumpin, Bogor. Jalan tersebut dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersama TNI.

Letjen Agus mengingatkan bahwa lokasi di sekitar kawasan pembangunan itu jadi salah satu yang cukup rawan terjadi longsor. Dia meminta agar penyuluhan terkait pemeliharaan alam dilakukan dengan benar.

“Memang tempat ini tadi disampaikan daerah pegunungan yang rawan bencana alam. Kalau hujan di sini sering terjadi longsor. Sehingga mungkin dengan adanya penyuluhan tadi itu salah satunya mungkin penyuluhan tentang bagaimana memperlakukan alam,” kata Agus saat meninjau lokasi pembangunan jalan, Kamis (20/10/2022).

Apabila pohon di kawasan sekitar pembangunan ditebangi, hal itu berpotensi terjadi longsor. Maka Agus mengimbau agar kawasan lahan gundul di sekitar lokasi ditanami pohon.

Baca Juga :  Jaro Ade Siapkan Kandidat Kuat untuk Wakil Bupati dalam Pilkada Bogor 2024 : Nama-nama Ini Masuk Daftar

“Kalau misalnya daerah seperti ini digunduli, itu kalau hujan airnya nyurup dan dia bawa tanah dari atas ke bawah, yang disebutnya longsor. Mungkin Dandim diberi wawasan seperti itu juga, sehingga mungkin tanah-tanah yang gundul itu ditanami,” ungkapnya.

“Ditanami yang memang disesuaikan dengan alam di sini. Pokoknya setanah itu harus ada rumput. Sehingga si air itu kalau hujan dia nyerap ke rumput,” sambungnya.

Dia juga mengingatkan TNI dan Pemkab harus selalu berkoordinasi terkait pembangunan itu. Kepada para pelaksana TMMD, Agus mengingatkan agar mengetahui karakteristik alam di sekitar lokasi agar bisa tepat sasaran.

“Jadi memang Dandim harus koordinasi terus dengan pemda yang roadmap tadi itu. Kalau daerah Jawa Barat bagian utara itu karakternya beda. Agak ke sini itu pegunungan terus, sehingga membutuhkan jembatan. Maka penting harus tahu karakteristik wilayah itu sehingga TMMD bisa tepat sasaran,” terangnya.

Baca Juga :  Shin Tae-yong dan Erick Thohir Perpanjang Kontrak: Masa Depan Timnas Indonesia Terang Benderang!

Sebelumnya diberitakan, Komando Resor Militer (Korem) 061/Surya Kencana melalui Komando Distrik Militer 0621/Kabupaten Bogor menggelar TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 dengan membangun jalan penghubung antara Kecamatan Cigudeg dengan Rumpin.

Komandan Korem (Danrem) 061/Surya Kencana, Brigjen TNI Rudy Saladin mengatakan pembangunan jalan tersebut bertujuan mempermudah akses masyarakat. Sehingga diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan, terutama masyarakat Cigudeg dan Rumpin.

“Ini tadi sudah dibuka, kita bisa lihat bersama maksud tujuan dan misinya sesuai dengan yang disampaikan oleh Plt Bupati yang bacakan oleh Sekda, bahwa kita bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Cigudeg dan Rumpin,” kata Brigjen Rudy kepada wartawan di Desa Banyu Asih, Selasa (11/10).

Sumber : Detik

Artikulli paraprakAgung Podomoro Land Jual Mal Central Park Senilai Rp 4,53 Triliun
Artikulli tjetërTakuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang), Takluk Pada Laga Perdana Denmark Open 2022