Beranda Kesehatan Manfaat Keramas Dengan Kopi

Manfaat Keramas Dengan Kopi

BOGOR, PUBLIKBICARA.COM – Kopi menyimpan banyak kegunaan bagi tubuh, termasuk untuk rambut. Guna mendapatkan manfaatnya pada rambut, biasanya kopi digunakan untuk keramas.

Lantas apa saja manfaat keramas dengan kopi?

5 Alasan Tidak Boleh Keramas Setiap Hari
Pusat Informasi Bioteknologi Nasional Amerika (NCBI) melaporkan bahwa kandungan dalam kopi mampu mengaktifkan sel-sel pada folikel rambut. Folikel ini merupakan tempat produksinya rambut.

Ketika sel folikel rambut ini sehat dan aktif, maka akan meningkatkan produksi rambut baru, mencegah kerontokan, dan memperkuat rambut.

Dikutip dari Healthline, memang penelitian soal manfaat kopi untuk rambut tak sebanyak penelitian khasiat kopi untuk kulit.

Hanya saja, sejumlah studi yang ada mendapati bahwa kafein dalam kopi mampu memperbaiki penampilan dan tekstur rambut.

1.Mengembalikan pertumbuhan rambut
Kerontokan rambut kemungkinan akan Anda alami seiring pertambahan usia. Penggunaan kopi untuk perawatan rambut dapat mencegah kerontokan dan mendorong pertumbuhan rambut lebih cepat.

Dalam kasus kebotakan pria, rambut rontok biasanya terjadi karena hormon seks dihidrotestosteron atau DHT yang merusak folikel rambut. Perempuan dengan terlalu banyak DHT pun akan mengalami kerontokan serupa.

Baca Juga :  Mimpi Indah Wisata Terpadu Debus Jasinga: Warisan yang Meredup di Tepian Waktu

Menurut penelitian, kafein dalam kopi dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dan menghentikan kerontokan tersebut. Sebuah studi laboratorium pada 2007 menemukan, kafein membantu memblokir efek DHT pada rambut.

Selain sebagai stimulan, kafein juga berfungsi meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut sehingga membantu mempercepat pertumbuhan, menjadikan rambut kian kuat, dan memiliki tekstur yang penuh serta lebih tebal.

2.Membuat rambut lebih lembut dan berkilau
Sebagian dari Anda mungkin mengira kafein akan mengeringkan rambut, tapi justru sebaliknya.

Bukannya menghilangkan minyak pada rambut, kafein justru membantu mempertahankan atau mengunci kelembapan rambut dan menciptakan kilau alami.

Selain itu, membilas rambut dengan kopi dapat memperbaiki kondisi rambut kusam. Ini terjadi karena kopi mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan pendorong regenerasi rambut.

Karena itulah, batang rambut bakal menjadi lebih halus. Penggunaan kopi juga dapat menghaluskan keriting pada rambut, membuat rambut lebih lembut, dan lebih mudah diurai.

3.Menyamarkan warna uban secara alami
Manfaat keramas atau membilas rambut dengan kopi juga berguna jika Anda ingin menggelapkan warna rambut atau menyamarkan uban. Kopi yang berwarna gelap dapat membuat warna rambut satu hingga dua tingkat lebih gelap.

Baca Juga :  Semarak Ramadhan Kwatir Ranting Pramuka Cigudeg dengan Kegiatan "Rantang Ramadan Pramuka"

Untuk hasil terbaik, Anda disarankan menggunakan kopi kental seperti espresso.

Berikut tahapan sederhana keramas menggunakan kopi yang bisa Anda coba.

Langkah 1: Keramas atau cuci rambut Anda seperti biasa.
Langkah 2: Tambahkan empat sendok makan kopi yang sudah diseduh ke sebuah mangkuk. Kemudian tambahkan empat gelas air matang (suhu kamar) ke wadah tersebut. Aduk sampai rata. Untuk perawatan ekstra, Anda bisa menambahkan kuning telur meski opsional.
Langkah 3: Tuangkan campuran kopi tadi ke kulit kepala Anda dan pijat secara menyeluruh. Lalu pijat lembut kulit kepala dengan jari-jari Anda beberapa menit.
Langkah 4: Bungkus rambut menggunakan handuk dan biarkan sekitar 30 hingga 40 menit.
Langkah 5: Bilas dengan air hangat sampai tidak ada lagi sisa kopi yang menempel pada rambut.
Nah, demikian cara sederhana keramas menggunakan kopi. Jika manfaat keramas dengan kopi yang Anda dapat di antaranya membuat rambut lebih berkilau, pertumbuhan rambut kian cepat, dan tanpa efek samping maka perawatan ini dapat dilanjutkan.

Sumber : CNN Indonesia

Artikulli paraprakBelum Genap Satu Tahun Jalan Gunakan Anggaran PEN di Cigudeg Hancur
Artikulli tjetërKemendikbudristek Tegaskan Tunjangan Guru Tidak Dihapus Meski Tak Dimuat Dalam RUU Sikdiknas