Beranda Kesehatan 3 Kunci Berbuka Puasa Tanpa Begah dari Kemenkes

3 Kunci Berbuka Puasa Tanpa Begah dari Kemenkes

Jakarta, Publikbicara.com ‐‐
Sempat begah setelah berbuka puasa? Anda tidak sendiri. Setelah belasan jam perut kosong dan mata sudah tergoda aneka takjil, Anda serta merta bersantap seolah tidak ada hari esok.

Padahal, masih ada agenda makan malam setelah ibadah salat Magrib.

Perut begah jelas jadi akibat dari makan buru-buru dan dalam porsi besar. Berikut tiga kunci berbuka tanpa begah dari Kementerian Kesehatan.

1.Bersantap secara bertahap
Sebaiknya, bersantap secara bertahap yang berarti makan tidak langsung dalam porsi besar. Saat berbuka, disarankan untuk tidak langsung menyantap makanan berat.

Baca Juga :  Epy Kusnandar Beri Jawabam Ketus: Dari Pemeriksaan Kesehatan Hingga Interogasi Tegas di Polres Metro Jakarta Barat

Cukup berikan asupan air putih segelas dan makanan manis dalam porsi kecil. Makanan manis ini tidak harus kudapan atau camilan manis tetapi bisa dengan kurma. Sebanyak 2-3 buah kurma cukup untuk memberikan tubuh energi sembari menunggu makan malam.

2.Menu dengan gizi seimbang
Saat makan malam, isi asupan dengan menu-menu bergizi seimbang. Di sini menu makan malam disarankan mengandung makronutrien seperti karbohidrat, protein dan lemak, dan mikronutrien berupa sayuran dan buah.

Baca Juga :  Masjid Ibrahim di Hebron Diserbu Israel, Adzan dan Salat Magrib Dilarang

Anda sebaiknya menghindari makanan yang manis, asin dan berlemak terlalu banyak. Lemak dalam ranah makronutrien merupakan lemak sehat misalnya lemak dari alpukat, minyak zaitun, dan ikan-ikanan berlemak termasuk ikan kembung.

3.Istirahat cukup
Penuhi kebutuhan tidur Anda agar bisa bangun dengan segar untuk sahur keesokan hari. Setidaknya tidur malam selama 7-8 jam untuk orang dewasa. Oleh karenanya, menu berbuka dan makan malam sebaiknya tidak berlebihan sebab bisa mengganggu tidur malam.

Sumber : CNN Indonesia

Artikulli paraprakIvan Gunawan Diperiksa Penyidik Bareskrim Polri Terkait Kasus Investasi DNA Pro
Artikulli tjetërTidak Diperhatikan Pemerintah, Atlet Senam Ritmik Sutjiati Narendra Kesulitan Ikut Sea Games 2022