Beranda Kesehatan Makanan Yang Aman dan Sehat Untuk Penderita Asam Lambung

Makanan Yang Aman dan Sehat Untuk Penderita Asam Lambung

BOGOR – Salah satu penyebab maag kambuh adalah pemilihan makanan yang tidak tepat. Kira-kira, apa saja menu makanan untuk penderita asam lambung yang aman sekaligus sehat?

Ketika asam lambung meningkat cepat akibat salah pilih makanan, perut akan terasa kembung dengan sensasi muntah. Pada beberapa orang, bahkan sampai muntah.

Oleh karena itu, penting mengatur menu makanan untuk penderita asam lambung supaya kesehatan saluran pencernaan selalu terjaga dan lambung tidak terluka.

Apa saja makanan yang aman untuk penderita asam lambung? Berikut beberapa di antaranya.

Buah yang identik dengan warna kuning ini, memiliki kandung asam yang rendah sehingga aman dikonsumsi penderita sakit maag. Tak hanya itu, pisang juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan karena dapat melancarkan kerja usus dan mencegah terjadinya sembelit.

Kentang

Daripada mengonsumsi makanan berbasis gandum biji utuh seperti jagung, atau roti sebagai pengganti nasi, kamu sebaiknya memilih kentang.

Baca Juga :  Begini Penampakan RESES Anggota DPRD Daerah Wilayah V Masa Sidang II Tahun 2023-2024 di Kecamatan Cigudeg

Meski tidak semudah nasi putih, kentang lebih mudah dicerna daripada makanan dari gandum biji utuh.

Melon

Selain memiliki rasa yang segar, melon tinggi kandungan mangnesium yang juga kerap ditemukan dalam obat refluks asam.

Tidak kalah basa dari pisang, melon memiliki kadar pH 6,1. Jenis melon yang paing baik dikonsumsi untuk mencegah kenaikan asam lambung adalah honeydew melon dan cantaloupe.

Putih telur

Salah satu menu makanan untuk penderita asam lambung yang paling populer adalah putih telur. Meski begitu, kamu harus menghindari mengosumsi putih telur yang digoreng. Sebagai gantinya, kamu bisa merebus atau menumisnya.

Namun, hindari untuk mengonsumsi telur bersamaan dengan makanan tinggi garam dan bumbu pedas seperti cabai.

Baca Juga :  Wajah Baru di Panggung Politik : Berikut Daftar Nama Anggota DPR RI Provinsi Jawa Barat Periode 2024-2029

Oatmeal merupakan makanan tinggi serat yang baik untuk kesehatan lambung. Cara kerjanya yaitu dengan memberikan rasa kenyang sehingga perut tidak akan mengkonsumsi makanan secara berlebihan yang memberikan risiko asam lambung naik.

Oatmeal akan lebih baik jika dikonsumsi dengan susu rendah lemak atau almond.

Yoghurt

Makanan satu ini memang memiliki banyak manfaat bagi pencernaan. Pertama, yoghurt memiliki probiotik atau bakteri baik yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kedua, yogurt merupakan sumber protein yang baik sehingga mempermudah proses pencernaan makanan.

Pepaya

Enzim papanin pada pepaya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dengan mempercepat proses pemecahan protein sehingga proses pencernaan lebih singkat dan lambung tidak terpapar asam lambung terlalu lama.

Itulah beberapa menu makanan untuk penderita asam lambung. Semoga bermanfaat!

Sumber : Suara.com

Artikulli paraprakRaffi Ahmad Doakan Anak Kedua Jadi Playboy Asal Bertanggung Jawab
Artikulli tjetërManfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan