Beranda Ekonomi Piring Samson Delilah Terjual Rp 24 Miliar 10 Kali Lipat Dari Perkiraan

Piring Samson Delilah Terjual Rp 24 Miliar 10 Kali Lipat Dari Perkiraan

JAKARTA- Sebuah piring yang sangat langka dari abad 16 yang menggambarkan kisah tentang Samson dan Delilah, yang ditemukan terselip di laci, telah terjual di pelelangan seharga lebih dari $1,7 juta – 10 kali lipat dari perkiraan semula.

Maiolica – gerabah Italia berlapis timah – awalnya diperkirakan akan dijual antara £80.000 dan £120.000 ($109.000 dan $163.000), tetapi akhirnya terjual dengan memecahkan rekor £1.263.000 (Rp24 miliar) saat lelang online Rabu.

Piring yang berdiameter 27 sentimeter (11 inci) itu diyakini dibuat oleh Nicola da Urbino sekitar tahun 1520-23.

Tawaran membanjir dari calon pembeli melalui telepon dan email, karena acara tersebut disiarkan secara online.

Baca Juga :  Kesalahan Penulisan Kuasa Hukum KPU Memicu Teguran di Sidang MK PHPU Pileg 2024

Piring langka ini adalah salah satu dari lebih dari 400 item yang terdaftar sebagai bagian dari isi Lowood House, sebuah rumah pedesaan besar yang terletak di Perbatasan Skotlandia. Gambar, furnitur, buku, perak, dan karya seni semuanya ditampilkan dalam lelang yang diselenggarakan oleh juru lelang Inggris Lyon & Turnbull.

Spesialis keramik perusahaan Eropa menemukan piring itu terselip di laci dan mengenalinya sebagai “barang langka dengan kualitas luar biasa,” kata juru bicara Lyon & Turnbull kepada CNN, Kamis.

Nama Nicola da Urbino dengan nama asli yang diyakini sebagai yang nama aslinya diyakini Nicola di Gabriele Sbraghe — diakui sebagai “master gaya dekorasi maiolica ‘istoriato’ di awal abad ke-16 Italia” dan “konsensus menggambarkannya sebagai ‘lukisan Raphael dari maiolica.’

Baca Juga :  Ribuan Suku Baduy Turun Gunung Bawa Hasil Panen Dalam Ritual Seba

Celia Curnow, seorang spesialis maiolica mengatakan bahwa piring tersebut berkaitan erat dengan “hidangan monogram dan bertanggal tahun 1521” di Museum Hermitage di St. Petersburg.

Penawaran dimulai tepat di bawah perkiraan yang lebih rendah tetapi penjualan dengan cepat mengumpulkan momentum ketika salah satu penawar meningkatkan penawaran mereka “dalam peningkatan £ 50.000 untuk membuat segalanya bergerak,” kata Strang.

“Ketika sesuatu yang unik seperti ini muncul di pasar, itu benar-benar tergantung pada siapa yang paling berani atau berkantong paling dalam.”

Sumber: CNN Indonesia.com

Artikulli paraprakDaftar Susunan Pemain Indonesia vs Jerman di Uber Cup 2021
Artikulli tjetërKetum PB Mathla’ul Anwar Resmikan Gedung MTs di Sukaluyu Nanggung