Beranda News Aplikasi Vtube Hilang Dari Play Store, Kok Bisa?

Aplikasi Vtube Hilang Dari Play Store, Kok Bisa?

JAKARTA – Aplikasi Vtube yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan oleh warganet tiba-tiba dikabarkan menghilang dari Google Play Store.

Portalsurabaya.com kemudian mencoba memastikan dengan melakukan penelusuran di mesin pencarian Play Store dan hasilnya aplikasi Vtube sudah menghilang, yang tersedia hanya beberapa aplikasi panduan penggunaan Vtube.

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi menetapkan aplikasi digital Vtube sebagai entitas investasi ilegal alias bodong.

Ditegaskan Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) OJK, Tongam L. Tobing, aplikasi Vtube sudah masuk daftar aplikasi ilegal bahkan sejak Juli 2020 silam.

Menurut Tongam, aplikasi Vtube sejak awal beroperasi di Indonesia tidak pernah memiliki izin resmi dari pemerintah, khususnya dari OJK.

Baca Juga :  Wajah Baru di Panggung Politik : Berikut Daftar Nama Anggota DPR RI Provinsi Jawa Barat Periode 2024-2029

Selain itu Vtube dinilai OJK sejak awal telah melanggar Undang-undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. Pasalnya, dalam operasi kegiatan referral Vtube menggunakan mata uang dollar, bukan rupiah.

“Ini bertentangan dengan Undang-undang Mata Uang di Indonesia. Selain itu juga ada jual poin yang dilakukan antar anggota. Padahal seharusnya poin ini dibeli langsung oleh Vtube,” jelas Tongam saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Minggu 7 Februari 2021.

Tongam mengungkapkan, pengelola Vtube baru-baru ini mengajukan perizinan ke OJK. Hal ini tentu disayangkan setelah beroperasi nyaris lebih dari satu tahun dan memiliki banyak member di Indonesia.

Baca Juga :  Meski Gagal di Semifinal Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia Dapat Tambahan Dana

“Saat ini Vtube sedang mengurus perizinan. Beberapa petinggi Vtube sudah datang ke kita untuk membicarakan perizinan. Kita sudah kasih arahan agar mereka tidak melanggar aturan di Indonesia. Tapi izin untuk saat ini belum keluar” beber Tongam.

Selain ditentang oleh OJK, aplikasi Vtube juga hingga saat ini masih dianggap terlarang oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Dengan demikian, laman website Vtube masih diblokir di Indonesia.

Sumber : Portal

Artikulli paraprakWaspada Situs Palsu Prakerja Gelombang 12, Berikut Daftar Link nya !
Artikulli tjetër4 Cerita Orang Yang Pernah Mati Suri