Beranda Daerah Kerupuk Asoy Leuwiliang Laris Sampai Ke Luar Kota

Kerupuk Asoy Leuwiliang Laris Sampai Ke Luar Kota

Leuwiliang-Meski sudah jarang terdengar dan banyak produk jajanan kekinian, usaha pembuatan kerupuk asoy yang berlokasi di Kampung Moyan, RT 01/07, Desa Leuwiliang, Kecamatan Leuwiliang, masih diminati banyak orang. Bahkan pemesannya sudah sampai luar kota.

Setiap pagi, Heri (31) sudah memulai adonan asoy yang bahannya terbuat dari terigu dan aci. Setiap harinya ada 500-1.000 lembar anyaman bambu berisi kerupuk yang dijemur.

Heri tidak sendirian, ada enam pegawai yang membantunya. Pukul 06.00 WIB, ia sudah disibukkan untuk mengolah kerupuk asoy.

Baca Juga :  Rosmini, Pengemis Viral Setelah 14 Tahun di Jalanan Tiba di Bogor dan Diamankan Dirawat RSJMM

”Alhamdulillah kita sudah mengirim kerupuk asoy ini sampai Sukabumi, Banten hingga Jakarta. Usaha ini juga dimulai oleh orang tua sejak 1991 dan bisa melihat oleh saya. Hambatannya sejauh ini kita hanya di modal saja, ”kata perajin asoy, Heri Kusyanto, kepada Metropolitan.

Untuk omset, setiap bulannya ia mampu mengantongi Rp5 juta sampai Rp20 juta dengan setiap penjualan per bal atau 4,5 kilogram. Jika dirupiahkan, mencapai Rp50.000 per balnya.

Baca Juga :  Melampaui Batas Politik: Kisah Karir Politik Ade Ruhandi Menjadi Calon Bupati Bogor Periode 2024-2029

“Kita berlaku kerupuk ke luar kota bisa sampai 100 sampai 150 bal dalam sekali pengiriman, dalam satu minggu bisa empat kali pengiriman,” tambahnya.

Harapan bentuk usaha kecil ini dapat mendukung pemerintah berupa modal agar macam usaha dapat bersaing dengan produk kekinian lainnya. ”Saya berharap pemerintah memberi bantuan sama usaha kecil ini, salah satu bentuk usaha lain pun bisa bersaing dengan produk lainnya,” tutupnya

Sumber:Metropolitan

Artikulli paraprakBPOM : Obat Corona yang Dikembangkan Unair-BIN-TNI AD Merupakan Obat Keras
Artikulli tjetërPKS : Pasangan Gun Gun Gunawan dan Dina Lorenza Akan Maju di kontestasi Pilbup Bandung