Beranda Ekonomi Perjalanan Digital Indonesia: Lonjakan Pengguna Internet, Aplikasi Favorit, dan Dinamika Konsumsi Online

Perjalanan Digital Indonesia: Lonjakan Pengguna Internet, Aplikasi Favorit, dan Dinamika Konsumsi Online

Publikbicara.com – Tahu kah Anda, jumlah pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan signifikan sebesar 1,5 juta orang dalam setahun terakhir.

Hal itu dilansir ata dari laporan We Are Social mencengangkan, menunjukkan bahwa 185,3 juta penduduk Indonesia, atau 66,5% dari total populasi, telah merambah dunia (internet) maya.

Tidak hanya itu, rata-rata pengguna internet di Indonesia menghabiskan waktu sekitar 7 jam 38 menit setiap harinya untuk menjelajahi berbagai konten online.

Baca Juga :  Pakar Hukum: Menyelami Peran dan Kepakarannya di Dunia terkait Hukum

Terlebih menarik, mayoritas eksplorasi internet ini dilakukan melalui perangkat mobile seperti HP dan tablet, dengan rata-rata 4 jam 45 menit dalam sehari.

Tentu saja, fenomena penjajalan internet melalui perangkat mobile tidak terlepas dari dominasi aplikasi di dalamnya.

Jika kita melihat dari sisi pengguna aktif bulanan (MAU) sepanjang tahun 2023, YouTube menduduki peringkat tertinggi diikuti oleh WhatsApp, Chrome Browser, Google, dan Facebook dengan susunan yang menarik.

Baca Juga :  Ini Loh Kisaran Gaji Kepala Desa dan Perangkat Desa di Tahun 2024: dari Kades, Sekretaris Desa, dan Perangkat Desa

Tak hanya itu, jika melihat jumlah unduhan aplikasi sepanjang tahun 2023, TikTok meraih peringkat pertama, diikuti oleh CapCut, Facebook, Shopee, dan Instagram secara berurutan, menciptakan dinamika yang memukau di dunia digital.

Pergeseran juga terlihat dalam aspek pengeluaran pengguna di dalam aplikasi (consumer spend), di mana TikTok kembali mengambil posisi puncak.

Disusul oleh Vidio, Google One, Get Contact, dan Disney+ Hotstar, mencerminkan pola pengeluaran yang menarik dari para pengguna aplikasi di Indonesia.

Baca Juga :  Jajaran Koramil 0621-24 Jasinga Dampingi Pembagian Sertifikat PTSL: Langkah Penting Menuju Kepemilikan Aset Tanah

Demikian informasi, betapa berkembang pesatnya internet di negara Indonesia tercinta dalam kurun waktu beberapa tahun ini.

Artikulli paraprakPakar Hukum: Menyelami Peran dan Kepakarannya di Dunia terkait Hukum
Artikulli tjetërDaftar Media Sosial Paling Laris di Indonesia: Coba Tebak? WhatsApp, TikTok, Twitter, atau Apa?