Beranda Daerah Malam Tahun Baru, Gempa Bumi Magnitudo 4,1 Guncang Sumedang, Dirasakan hingga Bandung

Malam Tahun Baru, Gempa Bumi Magnitudo 4,1 Guncang Sumedang, Dirasakan hingga Bandung

Publikbicara.com – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,1 mengguncang wilayah Kabupaten Sumedang, Ahad (31/12/2023) sekitar pukul 14.35 Wib. Titik gempa bumi berada di timur laut Kabupaten Sumedang dengan kedalaman 7 kilometer.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung melansir gempa bumi dirasakan di wilayah Sumedang. Wilayah Cileunyi hingga wilayah Cicalengka, Kabupaten Bandung serta Garut.

“Gempa bumi magnitudo 4,1. Lokasi 1 kilometer timur laut Kabupaten Sumedang kedalaman 7 kilometer,” ucap Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu, Ahad (31/12/2023).

Ia mengatakan gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif daerah setempat. Dampak gempa bumi dirasakan di wilayah Sumedang.

Baca Juga :  Slankker Bogor Ampera Merayakan Jubilasi ke-13 dengan Sentuhan Kemanusiaan: Santunan yang Berbeda!

“Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela dan pintu berderik dan dinding berbunyi,” kata dia.

Sedangkan di Cileunyi, Rancaekek, Lembang, Cicalengka, Jatinangor dan Subang getaran dirasakan oleh beberapa orang. Serta benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan getaran dirasakan di dalam rumah.

“Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu, di Garut, Cianjur dan Kota Bandung dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” kata dia.

Baca Juga :  Skuad Karate PPOPM Kabupaten Bogor Siap Bertarung di Kejurnas 2024

Hingga saat ini, ia mengatakan belum terdapat laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Hingga pukul 14.53 Wib, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

“Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata dia.

Salah seorang warga Kota Bandung Ipan mengaku merasakan getaran gempa bumi yang diketahui terjadi di Sumedang. “Gempa bumi,” kata dia.

 

 

Editor : Camel

Artikulli paraprakPJ Gubernur Jabar Bey Machmudin Lantik Asmawa Tosepu Menjadi PJ Bupati Bogor
Artikulli tjetërSeorang Bocah Laki-Laki Tujuh Tahun di Bandung Hanyut Terbawa Arus air