Beranda Kesehatan Anak Demam Saat Malam Hari? Coba Obat Tradisional Ini Yang Membantu Redakan...

Anak Demam Saat Malam Hari? Coba Obat Tradisional Ini Yang Membantu Redakan Panas

JAKARTA,PUBLIKBICARA.COM – Demam pada anak merupakan kondisi medis yang cukup lumrah, namun terasa sangat menakutkan bagi orang tua apalagi terjadi di malam hari. Untuk itu, orang tua perlu mengetahui obat tradisional anak demam malam guna penanganan pertama sebelum mendapat tindakan dari dokter.

Suhu tubuh normal manusia tidak lebih dari 37 derajat celcius. Akan tetapi, suhu tubuh berfluktuasi secara alami sepanjang hari, terutama bila sebelumnya beraktivitas fisik di luar ruangan. Jika seseorang mengalami kenaikan suhu tubuh disertai gejala-gejala lain, seperti kehilangan selera makan dan sakit kepala, ia dapat diindikasikan terkena demam.

Kemunculan demam menandakan tubuh seseorang tengah berjuang melawan infeksi penyebab peradangan. Kondisi fisik yang tidak sehat juga bisa dipicu oleh faktor lain, seperti penggunaan obat tertentu, reaksi vaksin, atau tumbuhnya sel kanker. Namun bagi anak, tumbuh gigi saja bisa menyebabkan suhu tubuhnya naik sekitar 0,5 derajat celsius. Lalu, pengobatan seperti apa yang bisa diberikan kepada anak selain tindakan medis dari dokter?

Obat Tradisional Anak Demam Malam
Ada banyak cara untuk meredakan panas anak tanpa penanganan medis, salah satunya dengan memberikan obat tradisional anak demam malam berikut ini dikutip dari Medical News Today dan Parenting First Cry:

1.Minum Banyak Cairan
Kondisi kesehatan yang menurun menyebabkan anak sering rewel dan menangis. Hal ini pun akan menyulitkan orang tua untuk memaksa anak meminum lebih banyak air. Namun tenang saja, para ibu bisa mengganti air mineral biasa dengan sup kaldu ayam hangat, pudding, ataupun jus buah agar lebih sehat.

Baca Juga :  Terpaksa oleh Perang: WNA Ukraina dan Rusia Ditangkap di Bali Terkait Laboratorium Narkoba Rahasia

2.Kompres Air Hangat
Pilihan alternatif lainnya adalah meletakan waslap hangat di dahi anak untuk membantu menurunkan panas. Tidak disarankan untuk mengoleskan alkohol ke kulit anak karena apabila terserap akan menambah efek buruk bahkan penyakit kulit.

3.Teh Herbal
Teh herbal adalah obat alami untuk meredakan demam. Jenis teh yang sering direkomendasikan adalah teh chamomile. Para orang tua bisa berikan obat alami ini kepada anak sebanyak dua kali sehari. Bila ingin lebih manis, sebaiknya ganti gula dengan madu ke dalam teh.

4.Jus Lemon
Diperkaya dengan vitamin C, lemon dipercaya membantu memperkuat kekebalan tubuh. Minuman ini bisa dicampurkan dengan madu untuk memberikan nutrisi tambahan dan rasa manis yang nikmat.

5.Minyak Kelapa
Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antivirus sehingga efektif menurunkan suhu tubuh. Minyak kelapa murni yang dapat dikonsumsi langsung sudah banyak dijual di pasar ataupun toko online. Jika tidak ingin dikonsumsi begitu saja, para orang tua bisa mencampurkannya ke makanan anak dalam jumlah kecil.

6.Daun Kemangi
Selain dikonsumsi sebagai lalapan pendamping, daun kemangi atau tulsi telah digunakan untuk melawan virus sejak lama. Hal ini dikarenakan daun kemangi mempunyai kandungan antibiotik dan antivirus sehingga baik untuk mengobati demam.

Caranya adalah rebus 20 lembar daun kemangi dalam satu liter air dan tambahkan setengah sendok bubuk cengkeh. Bila sudah tercampur rata, diamkan larutan tersebut hingga hangat lalu berikan kepada anak setidaknya dua jam sekali.

Baca Juga :  Ini Lokh, Manfaat Air Kelapa Menurut dr Zaidul Akbar, Simak Ulasannya Sampai Selesai

7.Kismis
Sama halnya dengan lemon, kismis juga bersifat antioksidan dan antibakteri. Pengobatan melalui kismis tidak bisa diberikan begitu saja. Para orang tua terlebih dahulu harus merendam 25 kismis dalam secangkir air selama satu jam.
ika sudah lunak, hancurkan kismis tersebut lalu saring cairannya. Hasil saringan kismis inilah yang diberikan kepada anak dua kali sehari hingga demamnya turun. Sebagai tambahan, sari air kismis dapat dicampur dengan sedikit air jeruk nipis.

8.Pijat dengan Campuran Minyak dan Bawang Putih
Cara ini agaknya sudah dilakukan oleh masyarakat Indonesia sejak dahulu. Tidak hanya menghempas rasa penat dan sakit, campuran minyak dan bawang putih juga membantu mengeluarkan keringat serta racun dari dalam tubuh.

Metode terbaik dari pengobatan alternatif ini adalah mencampurkan dua sendok makan minyak makan dan satu siung bawang putih. Diamkan selama dua menit dan oleskan campuran tersebut ke dada, kaki, telapak tangan, punggung, dan leher anak sebelum tidur.

Obat tradisional anak demam malam ini tentunya hanya sebagai pilihan alternatif saja. Bila suhu tubuh kian tidak terkontrol dan menimbulkan kejang-kejang, segera bawa anak ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan dan diagnosis yang tepat.

Sumber :Detik

Artikulli paraprak7 Cara Mudah dan Cepat Menghilangkan Bekas Cupang di Leher
Artikulli tjetërGedung di Wali Kota Bandung Terbakar, Api Diduga Dari Lantai 2