Beranda Daerah Asik, Minggu Ini Samisade Cair

Asik, Minggu Ini Samisade Cair

BOGOR, PUBLIKBICARA.COM – Peraturan Bupati (Perbup) nomor 69 tahun 2022 tentang bantuan keuangan Desa sudah ditandatangani oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Secara otomatis, Program bantuan keuangan infrastruktur Desa atau Satu miliar satu Desa (Samisade) yang digulirkan Pemerintah Kabupaten ke Desa sudah bisa di cairkan pada bulan September 2022.

Kordinator Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Bogor Dadan Syarif Mutoan membenarkan bahwa Kemendagri sudah menandatangani Perbup nomor 69 tahun 2022 tentang bantuan keuangan Desa .
Perbup tersebut tentunya tidak jauh beda dengan perbup yang lama cuman ada sedikit perubahan saja.

Baca Juga :  Bojong Gede Raya FC: Melangkah Bersemangat ke Ajang Prestasi

“Intinya, bagi Desa yang sudah menyelesaikan Laporan pertanggungjawaban Program Samisade tahun 2021, secara otomatis bisa kembali mendapatkan bantuan Program tersebut, ” ujarnya.

Dadan mengaku seharusnya program Samisade tahun 2022, sudah bisa direalisasikan di awal tahun. Namun, karena adanya revisi Perbup dan perlu ditandatangani oleh Kemendagri sehingga adanya keterlambatan.

“Bantuan Program Samisade yang digulirkan ke Desa, mulai Rp 200 Juta sampai dengan satu miliar sesuai dengan pengajuan Desa. Pengajuan masih dominasi peningkatan Jalan Desa, Pembangunan TPT, dan jembatan, ” ungkapnya.

Baca Juga :  Airlangga Hartarto Ungkap Program Makan Siang Gratis Sudah Masuk Pembicaraan APBN Tahun 2025

Ia meminta Desa yang belum menyerah LPJ untuk segera menyelesaikan agar bisa kembali mendapatkan bantuan Program Samisade. Sebab, jika belum menyelesaikan LPJ tidak akan diberikan lagi bantuan tersebut.

Pencarian Program Samisade masih dua Tahap. Yakni, Tahap pertama pencairan 60 persen dan sisanya di tahap kedua.
Untuk mengajukan pencarian tahap kedua, tentunya pekerjaan tahap pertama minimal sudah 75 persen.

“September 2020 di minggu kedua, Desa sudah bisa mencairkan Program Samisade, dan langsung merealisasikannya, ” tukasnya. (Tama)

Artikulli paraprakMI Al-Manaf Dramaga Optimis Raih Penghargaan Adiwiyata Tingkat Jabar
Artikulli tjetërPerusahaan Prabowo Subianto Diduga Pemegang Saham Vivo