Beranda Daerah Puskesmas Cibungbulang Waspadai Penyakit Cacar Monyet

Puskesmas Cibungbulang Waspadai Penyakit Cacar Monyet

BOGOR, PUBLIKBICARA.COM – Antisipasi terjadi penyakit Cacar Monyet atau monkeypox, Puskesmas Cibungbulang minta warga menerapkan pola hidup sehat .

“Kami rutin memberikan penyuluhan kepada pengunjung sebagai informasi terkait kesehatan, dan gangguan kesehatan. Alhamdulillah sampai saat ini di Kecamatan Cibungbulang belum ada warga yang ke penyakit cacar monyet,” ujar Kepala Puskesmas Cibungbulang dr Doni Aria.

Lebih lanjut, Doni menjelaskan, saat ini sedang terjadi penularan cacar monyet atau monkeypox dibeberapa negara endemis. Namun, untuk di Indonesia belum banyak yang terjangkit penyakit Cacar Monyet. Terpenting penting masyarakat menerapkan pola hidup sehat (PHBS) dan banyak minum vitamin.

Baca Juga :  Operasi Petir: Penangkapan Epik Sembilan Penambang Emas Nakal oleh Tim Patroli Antam

“Monkeypox ini penyakit yang disebabkan oleh virus monkeypox yang dapat menyebar dari hewan ke manusia dan menyebar antar manusia,” jelasnya.

Menurutnya, gejala klinis cacar monyet ini yaitu demam lebih dari 38 derajat celcius serta muncul ruam setelah satu sampai tiga hari. Kemudian, munculnya ruam perubahan warna kulit, munculnya benjolan kecil setengah mili meter, dan muncul gelembung berisi cairan nanah.

Baca Juga :  Warga Bergotong-royong Hadapi Amblasnya Jalan di Curug Bitung: Harapan Untuk Respons Pemerintah yang Terkesan Tutup Mata

Untuk perkembangan ruam lambat selama tiga hingga empat minggu. Serta ada penampakan khas, limfadenopati atau pembengkakan pada kelenjar getah bening.

“Tetap waspada dan terapkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai upaya pencegahan,” tutupnya. (Tama)

Artikulli paraprakHindarkan Anak Bermain Game Online, Katar Desa Cinangneng Akan Menggelar Turnamen Sepak Bola Usia Sekolah Dasar
Artikulli tjetërDiduga Lupa Matikan Kompor, Dapur Rumah Kontrakan di Leuwisadeng Bogor Terbakar