Beranda Daerah Pemilihan Ketua RW di Desa Cilaku Berjalan Secara Demokrasi

Pemilihan Ketua RW di Desa Cilaku Berjalan Secara Demokrasi

Tenjo, Publikbicara.com – Pemilihan Ketua RW di Desa Cilaku, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, Minggu 27 Maret 2022 pagi berlangsung secara umum, bebas dan rahasia. Ajang pemilihan 5 tahunan itu berjalan penuh dengan keakraban dan lancar.

 

Ketua panitia pemilihan Dedi menjelaskan, ada 2 kandidat RW yang bertarung mendulang suara dari didua RT tersebut. Hingga Antusiasme warga terlihat sekitar pukul 07.00 WIB, tatkala puluhan warga antre di TPS. Adapun para petugas TPS, mulai dari panitia hingga dan saksipun sudah siap melayani warga yang datang untuk memilih ketua RW mereka.

 

Layaknya proses pencoblosan, warga yang membawa undangan datang kemudian mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mendapatkan kartu suara. Setelah itu mereka menuju bilik suara dan mencoblos salah satu calon yang ada. Kemudian, kartu suara tersebut dimasukan ke dalam kotak suara yang dijaga oleh petugas

Baca Juga :  Pemkab Bogor Kembali Gelar Nobar Timnas Indonesia U-23 vs Irak 

 

“Pemilihan ketua RW dengan aklamasi atau pemilihan langsung, tidak memiliki perbedaan signifikan. Asalkan masing-masing calon dan ketua yang terpilih dapat menjalankan tugas dengan amanah. Apabila pemimpin tersebut tidak amanah, maka rakyat yang akan menjadi korban, segala urusan menjadi rumit dan keberlangsungan hidup sosial menjadi kacau,” katanya kepada wartawan.

 

Sementara itu, Kepala Desa Cilaku Jumadi menyampaikan, Kepada Masyarakat agar Kegiatan ini berlangsung harus dengan aman, dan menjaga kondusifitas.

 

“kurang lebih ada 1.200 hak pilih yang di ikuti warga dalam pemilihan tersebut tentunya kegiatan ini mematuhi standar protokol kesehatan yang ketat, walaupun di Kabupaten Bogor sudah level 2,” katanya.

Baca Juga :  Wajah Baru di Panggung Politik : Berikut Daftar Nama Anggota DPR RI Provinsi Jawa Barat Periode 2024-2029

 

Sementara Ketua Karang Taruna Desa Cilaku Suherman Oki mengatakan bahwa Kegiatan pemilihan Ketua RW ini harus dilakukan dengan Demokrasi , terlebih demokrasi itu harus di aplikasikan sejak dini.

 

“Pemilihan ketua RW secara langsung merupakan pertama kalinya di lingkungan setempat. Namun, bukanlah ajang persaingan, melainkan kebersamaan.” kata Suherman.

 

Lebih lanjut, Suherman berharap kepada Ketua RW terpilih bisa membawa perubahan, menjaga dan memelihara kebersamaan kepada warganya.

 

“Baik dari segi kekompakannya serta menghargai terhadap sesama,” (Wan)

Artikulli paraprakGempa Guncang Wilayah Rangkasbitung Berkekuatan 4,8 Magnitudo Siang tadi, BMKG: Waspada Gempa Susulan
Artikulli tjetërRavindra Airlangga Putra Ketum Golkar Gantikan Posisi Ichsan Firdaus di DPR