Beranda Nasional Hujan Deras Siang Hingga Malam, Sukabumi Terendam Banjir

Hujan Deras Siang Hingga Malam, Sukabumi Terendam Banjir

Publikbicara.com – Hujan deras yang mengguyur beberapa daerah di Kota dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (9/11) menyebabkan banjir di sejumlah titik. Sejumlah rumah terendam, satu warung rusak terseret arus banjir.

Dalam peristiwa banjir, petugas Palang Merah Indonesia (PMI) juga menyelamatkan tiga anak yang terjebak di dalam rumah yang kebanjiran bersama ibu mereka di Kampung Balandongan, Kelurahan Sudajaya Hilir, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi.

“Terjebak sekitar tiga jam. Tidak menunggu lama, kami langsung menurunkan sejumlah personel untuk menyelamatkan dan mengevakuasi korban,” kata Staf Pelayanan PMI Kota Sukabumi Dinar Muhamad, Selasa (9/11) dikutip dari Antara.

Banjir diketahui juga menyapu Jalan Cagak, Gank Maloyot Pesantren, Desa Cibatu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Banjir juga merendam sebagian Jalan Lingkar Selatan dan Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi, Kota Sukabumi.

“Satu unit warung yang menjual es kelapa rusak sedang dan merendam sejumlah rumah warga. Masih mendata rumah yang terdampak banjir,” kata Staf Humas PMI Kabupaten Sukabumi, Ariel Solehudin kepada wartawan di Sukabumi, Selasa (9/11) malam dikutip dari Antara.

Baca Juga :  Membuka Lembaran Kisah Jaro Ade: Dari Desa ke Puncak Kepemimpinan Politik di Kabupaten Bogor

Menurutnya, banjir selain dipicu hujan deras yang mengguyur dari siang hingga malam, juga diakibatkan aliran sungai yang berada dan melintas di sekitar permukiman warga dan jalan raya tidak bisa lagi menampung volume air yang terus bertambah sehingga airnya meluap.

Selain itu, kondisi drainase yang tidak berfungsi sehingga air tidak bisa terserap dan dampak air sungai yang meluap tersebut masuk ke permukiman warga dan merendam jalan raya. Meskipun air tidak terlalu tinggi tetapi alirannya cukup deras yang akibat satu unit warung yang juga merupakan warga beberapa bagiannya terbawa hanyut

“Untuk meminimalkan dampaknya kami sudah mengerahkan personel untuk membantu warga menanggulangi banjir agar tidak semakin meluas dengan memperbaiki saluran air dan membantu membersihkan rumah warga yang terdampak. Pada peristiwa ini tidak mengakibatkan jatuhnya korban,” ucap Iding sapaan akrabnya.

Baca Juga :  Penampilan Elegan di Tanah Suci: Kisah Gaya Menteri dan Istri dalam Perjalanan Umroh

Ia mengatakan pada malam hari hujan masih turun hingga saat ini walaupun gerimis. Warga diimbau untuk waspada, meskipun saat ini banjir sudah surut.

Sementara, banjir air hujan yang merendam Jalur Lingkar Selatan dan Terminal Tipe A, Kelurahan Kota Sukabumi diduga akibat drainase yang kurang berfungsi ditambah banyaknya sampah plastik yang dibuang sembarang oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Tidak hanya itu, rumah warga yang berada di belakang terminal pun ikut terendam banjir dengan ketinggian kurang lebih 30 cm bahkan di beberapa titik ketinggian air mencapai 50 cm.

“Hingga malam hari, kami masih bersiaga dan menurunkan kendaraan taktis dan perahu karet untuk membantu evakuasi antisipasi adanya warga yang terjebak banjir,” kata Staff Pelayanan PMI Kota Sukabumi, Dinar Muhamad.

Sumber : CNNIndonesia.com

Artikulli paraprakKolaborasi YPA- MDR dan PFI Dukung Potensi Siswa di SMKN 1 Leuwiliang
Artikulli tjetërDampak Banjir, Beberapa Wilayah di Sintang Kalbar Masih Belum Teraliri Listrik