Beranda Kuliner & Wisata 7 Makanan Khas Surabaya Yang Uenak Poll Untuk Mengingat Hari Pahlawan

7 Makanan Khas Surabaya Yang Uenak Poll Untuk Mengingat Hari Pahlawan

Publikbicara.com – Hari Pahlawan jatuh tepat di hari ini ditandai dengan peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Kamu bisa mengingat Hari Pahlawan lewat 7 kuliner Surabaya yang uenak poll.

Surabaya menjadi kota bersejarah dengan latar belakangi oleh pertempuran 10 November 1945 antara Indonesia dan pasukan Inggris. Dikenang sebagai peringatan Hari Pahlawan yang tepat dirayakan hari ini (10/11).

Untuk memperingati Hari Pahlawan, kamu bisa mengingatnya dengan menikmati kuliner enak di Surabaya. Kuliner ikonik ini sudah puluhan tahun jadi ciri khas Surabaya. Ada rawon, nasi krawu hingga lontong kupang.

Berikut 7 makanan Surabaya yang paling enak.

1.Rujak Cingur

Namanya sesuai dengan bahan utama yang dipakai yaitu cingur atau cungur yang artinya hidung. Tekstur kenyal lembut cingur sapi ini diracik dengan sayuran seperti kangkung dan tauge rebus. Kemudian dilengkapi dengan irisan nanas, kedondong, bengkuang dan nanas.

Bumbu rujaknya selain memakai cabe, kacang tanah halus juga ditambahkan pisang batu dan petis udang. Bumbunya disiramkan di atas rujak dan diberi kerupuk kanji sebagai pelengkap wajib. Jika kamu tak suka cingur, sekarang banyak penjual yang menyediakan pipi sapi.

Salah satu tempat favorit untuk menikmati rujak cingur adalah Rujak Cingur Ganteng Durasim. Satu porsi rujak cingur ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 17.000.

Baca Juga :  Pemekaran Kabupaten Bogor: Keinginan Mandiri yang Disangkal Sebagai Beban Keuangan Negara di Era SBY

2.Rawon

Rawon juga salah satu makanan Surabaya yang populer. Berupa potongan daging berlemak yang dimasak dengan bumbu kluwek dan campuran rempah lain. Hidangan ini juga pernah dinobatkan sebagai sup terenak se-Asia 2020 versi TasteAtlas.

Rawon yang gurih hangat ini biasanya disajikan dengan kecambah atau tauge pendek, daun bawang, kerupuk udang, telur asindan sambal. Kamu juga bisa menikmatinya dengan tambahan lauk seperti perkedel dan baceman jeroan.

Tempat makan rawon bisa sangat mudah kamu temui di Surabaya. Kalau sedang mengunjungi Surabaya, bisa cicipi kelezatan rawon di Rawon Nguling, Rawon Setan, Rawon Kalkulator, hingga Rawon Pak Pangat.

3.Pecel Semanggi

Ada beragam jenis pecel dengan ciri khas yang berbeda, seperti di Surabaya terkenal dengan pecel semanggi. Pecel ini terdiri dari daun semanggi, tauge, irisan kol yang direbus lalu disiram dengan sambal kacang yang gurih pedas.

Untuk menikmati pecel semanggi biasanya diberikan kerupuk gendar dan aneka sate. Seperti sate keong, sate telur dan usus.Seporsi pecel semanggi ini bisa kamu nikmati dengan harga Rp 10.000 saja.

Baca Juga :  Dukung Timnas Indonesia U-23 yang Akan Berlaga di Semi Final Piala Asia Melawan Uzbekistan, Polres Bogor Gelar Nobar dan Berhadih

4.Sate Klopo

Surabaya juga memiliki hidangan sate nikmat bernama Sate Klopo. Terbuat dari daging sapi atau daging ayam yang dimasak dengan kelapa parut, kemudian ditusuk dan dibakar di atas api arang.

Seperti sate pada umumnya, sate klopo juga disajikan dengan sambal kacang yang legit gurih. Diberikan juga irisan bawang merah dan cabe rawit utuh.

Salah satu gerai sate klopo populer di Surabaya adalah Sate Klopo Ondomohen yang sudah eksis sejak tahun 1945. Satu porsinya bisa dinikmati dengan harga mulai dari Rp 20.000-an.

5.Lontong Balap

Di Surabaya kamu juga bisa menikmati lontong balap yang terkenal enaknya. Dinamakan lontong balap karena konon dulunya para penjual lontong yang memikul dagangannya berjalan beriringan dengan cepat seperti sedang balapan lari.

Kalau di kota lain, lontong biasanya disajikan dengan kuah santan atau sambal kacang. Nah, lontong balap agak unik karena menggunakan kuah bening yang gurih.

Lontong balap terdri dari potongan lontong, kacang-kacangan, tauge, singkong, tahu goreng, bawang goreng, dan bumbu petis. Salah satu yang terkenal adalah Lontong Balap Rajawali yang harga per porsinya sekitar Rp 20.000-an.

Sumber :Detik

Artikulli paraprakRutin Makan Ikan Dapat Menjaga Kesehatan Otak
Artikulli tjetërJepang Laporkan Wabah Flu Burung, 143.000 Unggas Dimusnahkan di Yokote