Beranda Nasional Ritual Ala Warga Baduy Untuk Terhindar Dari Covid-19

Ritual Ala Warga Baduy Untuk Terhindar Dari Covid-19

LEBAK – Hingga saat ini, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Lebak terus mengalami peningkatan dari sebelumnya.

Pada Jumat (22/1/2021), kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Lebak mencapai 1.215 orang dengan rincian 572 orang sembug, 613 isolasi dan 30 meninggal dunia.

Namun, meski sebagian besar wilayah di Banten sudah terpapar Covid.19. Tidak begitu dengan lingkungan masyarakat Baduy.

Selama ini, belum ada catatan atau kabar mengenai warga mereka yang terpapar Covid-19. Belakangan, mereka punya rahasia tersendiri untuk terhindar dari Paparan Covid-19, salah satunya dengan hidup alami dan ritual.

Baca Juga :  Penetapan Capres-Cawapres Terpilih Segera Dilakukan Usai Putusan MK: Prabowo-Gibran Akan Segera Dilantik

“Alhamdulillah, sejak ramai itu (pemberitaan) tentang Covid-19 di Baduy itu menggelar pengobatan semacam pemagaran di gerbang-gerbang perbatasan dengan air hasil ritual para Puun,” Kata Tetua Adat Masyarakat Baduy, Jaro Saija kepada BantenHits (jaringan Suara.com) melalui telepon selulernya, Sabtu (23/1/2021).

Jaro Saija menambahkan, wawar Pemerintah tentang penerapan Protokol kesehatan juga diterapkan oleh masyarakat Baduy sehingga bisa terhindar dari paparan Covid-19.

Baca Juga :  DPD Partai Golkar Kabupaten Bogor Memulai Safari Politik dengan Semangat Baru : PKB Jadi Partai Pertama yang Disambangi

“Termasuk imbauan Pemerintah itu kita tekankan ke masyarakat untuk mengikuti nya,”kata pria yang juga menjabat Kepala Desa Kanekes ini.

Sejak awal Pandemi, sambung Saija, warga Baduy yang kedapatan berada di luar kota akan segera dijemput agar pulang ke kampung halaman.

“Dari awal ada (Covid-19) semua warga Baduy yang di luar dijemput untuk pulang. Dan sekarang dilarang untuk keluar,” tutupnya.

Sumber: Suara.com

Artikulli paraprakPer Hari Ini, Kasus Positif Covid-19 Bertambah Jadi 977.474 Orang
Artikulli tjetërObat Herbal Yang Bisa Membunuh Virus, Apa Saja?