Beranda News Asal Masyarakat Patuh, Menkominfo Optimis Indonesia Sukses Memerangi dan Akhiri Pandemi Covid...

Asal Masyarakat Patuh, Menkominfo Optimis Indonesia Sukses Memerangi dan Akhiri Pandemi Covid 19

Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate optimis Indonesia akan sukses memerangi dan mengakhiri pandemi COVID-19. Asal seluruh elemen masyarakat secara konsisten mematuhi setiap kebijakan dan protokol penanganannya.

“Kita sangat berhasil dan akan sangat sukses dan bahkan sangat cepat, kalau kebijakan pemerintah terkait pemutusan rantai COVID-19 ini dipahami dan dilaksanakan oleh rakyat secara konsisten,” tutur Johnny di webinar yang diselenggarakan oleh Rekat Anak Bangsa dan ID Next Bangsa, Sabtu (16/5/2020).

Menkominfo sempat mengatakan berbagai protokol penanganan COVID-19 seperti protokol kesehatan, transportasi, komunikasi dan yang lainnya menjadi penentu bagi Indonesia untuk memasuki new normal setelah menghadapi situasi seperti saat ini.

WHO bakal segera mencabut pandemi COVID-19 ketika segala kebijakan dan imbauan pemerintah dapat dijalankan dan dipatuhi dengan baik. Meskipun dicabutnya status pandemi tidak secara langsung memutus rantai penyebaran wabah tersebut.

Baca Juga :  Dukung Timnas Indonesia U-23 yang Akan Berlaga di Semi Final Piala Asia Melawan Uzbekistan, Polres Bogor Gelar Nobar dan Berhadih

“Kalau itu kita lakukan (mematuhi protokoler penanganan Covid-19), itulah new normal. Tidak saja pada saat mengatasi Covid-19, tetapi nanti setelah Covid juga,” imbuhnya

Menkominfo sempat menyinggung soal tujuan pemerintah mengambil kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Menurutnya itu merupakan langkah yang tepat karena PSBB menyelamatkan aspek penanganan non medis.

“PSBB itu adalah batasan dari exprint-nya total karantina, sampai di batas bawahnya adalah memang bebas terbuka, dibikin lah PSBB dengan protokol-protokol yang dilakukan, agar penyebarannya tidak bertambah dan bisa diputus,” jelas Menkominfo

Baca Juga :  Pelatih Sun Hong Ungkap Kesiapan Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia U-23 Timnas Garuda Muda

Dari aspek medis, kebijakan PSBB sangat membantu tenaga medis yang menjadi garda terdepan untuk menyembuhkan masyarakat yang tertular atau dalam hal ini melakukan tindakan-tindakan kuratif. Sementara dari sisi pemerintah dalam hal ini Kementerian Kominfo, terus berupaya melakukan tindakan preventif.

“Di situlah peran Kominfo harus menjadi di depan dalam rangka preventif, tugas pencegahan dengan menggunakan teknologi apa saja,” pungkas Johnny.

Selain Menkominfo, Webinar bertema Lawan Covid-19 melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Masa Depan Ekonomi Digital Indonesia turut menghadirkan narasumber lain diantaranya, CEO Tokowahab.com William Sunito, Digital Transformation Expert Presiden Director IDNEXTLEADER Ferro Ferizka, serta CO-Founder Foodiz sekaligus Founder Upnormal & Bakso Boedjangan Dewan Mentor IDNEXTLEADER Sarita Suteja.

Sumber:Detik

Artikulli paraprakGelombang PHK di Kabupaten Bogor Belum Usai Selama Pandemi
Artikulli tjetërSeknas Jokowi Bersama KPN Bagikan Sembako Kepada Korban Bencana Leuwisadeng