Beranda Kesehatan&Gaya Hidup Mulai 5 April 2020 Masyarakat Wajib Pakai Masker Ketika Keluar Rumah

Mulai 5 April 2020 Masyarakat Wajib Pakai Masker Ketika Keluar Rumah

JAKARTA – Mulai 5 April 2020 ini pemerintah mengharuskan semua masyarakat Indonesia menggunakan masker ketika berada di luar rumah.

Hal ini dikarenakan penyebaran virus Corona dengan tanpa gejala merupakan kasus terbanyak.

Dengan menggunakan masker, masyarakat bisa mencegah penularan virus ini.

Pasalnya, kita tak mengetahui siapa yang terinfeksi virus Corona karena orang tanpa gejala juga bisa menjadi pembawa virus Corona.

Pemerintah menyarankan agar masyarakat umum menggunakan masker kain, sedangkan masker N95 dan masker bedah digunakan oleh tim medis.

Baca Juga :  Profil Akbar Himawan Buchari yang Menjadi Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2022-2025.

Hal ini diungkapkan oleh Juru Bicara Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto dalam konferensinya di BNPB Minggu (5/4/2020).

“Sesuai hasil penelitian, Masker kain dapat menangkal virus sebesar 70 persen. Dengan demikian masyarakat diharapkan, untuk tetap jaga jarak, saat berada di keramaian, minimal satu sampai dua meter dan apabila tidak memiliki kegiatan penting di luar sebaiknya tetap tinggal di rumah,” kata Wiku di Kantor BNPB, Minggu (5/4)

Masker kain sebaiknya memiliki tiga lapisan, sebab hal itu akan efektif dalam menangkap virus. Profesor Wiku mengingatkan agar dalam memakai masker kain masyarakat juga tak lupa mencuci tangan terlebih dahulu.

Baca Juga :  Pakar UI : Bisnis AMDK Galon di Indonesia Tidak Sehat dan Merugikan Konsumen

“Cara pembuatan dan pemakaian Masker kain dapat disesuaikan dengan wajah. Pastikan tangan yang digunakan bersih danbharus menutupi hidung hingga dagu serta tidak longgar,” katanya.

Masyarakat dapat membuat masker dari kain bersih, bisa dijahit manual atau menggunakan mesin. Masker kain harus dicuci menggunakan sabun.

Sumber:Kompas

Artikulli paraprakPemdes Neglasari Gandeng Karang Taruna Tekan Penularan Covid-19
Artikulli tjetërPenggiat UMKM Ciseeng Bagikan Makan Siang Gratis Ke Ojol dan Sopir Angkot

Tinggalkan Balasan